Penyakit A-Z

Penyakit Gondongan

Penyakit Gondongan

Gondongan atau dalam bahasa inggris yaitu mumps, merupakan suatu infeksi virus yang menyerang kelenjar parotis. Penyakit ini dapat menular dengan cepat dan biasanya diderita oleh anak-anak.

Kelenjar parotis merupakan kelenjar yang terletak di daerah pipi di dekat telinga. Kelenjar parotis bertugas untuk memproduksi air liur. Peradangan akibat infeksi pada kelenjar ini akan menyebabkan pipi bengkak di salah satu sisi atau kedua sisi. Saat ini penyakitmumps sudah ditemukan vaksinnya sehingga angka penderitanya sudah menurun. Meskipun begitu, masih tetap terdapat pasien dengan penyakit gondongan. Hal ini dikarenakan masih ada kelompok orang yang tidak di vaksin atau kontak erat dengan penderita gondongan. Jika penyakit ini tidak diobati maka dapat menyebabkan berbagai komplikasi. 

Di kutip dalam CDC, pasien yang sudah pernah terkena penyakit gondongan, tidak akan menderita penyakit gondongan untuk kedua kalinya. Meskipun bisa terjadi kedua kalinya, namun hal tersebut jarang terjadi.

Gejala atau tanda gondongan

Beberapa orang yang terinfeksi virus gondongan tidak memliiki gejala atau hanya timbul gejala ringan saja. Gejala biasa muncul kurang lebih 2-3 minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh, dengan rentang 12-25 hari. Pada 2-3 hari pertama, gejala berupa demam, nyeri kepala, nyeri otot, lemas, dan menurunnya nafsu makan.

Gejala utama gondongan yaitu pipi yang bengkak serta nyeri akibat peradangan kelenjar parotis yang berada di pipi dekat telinga. Pembengkakan bisa terjadi pada salah satu sisi atau kedua sisi. Jika bengkak berkelanjutan, tulang rahang sulit terlihat. Pembengkakan tersebut biasanya berlangsung selama 2 hari, namun bisa juga sampai 10 hari. Gejala lain selain pembengkakan pipi yaitu nyeri pada kelenjar air liur dan nyeri saat mengunyah atau menelan.

Dokter spesialis untuk penyakit gondongan

Gondongan dapat ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam untuk orang dewasa dan dokter spesialis anak untuk pasien anak-anak. Dokter umum juga bisa dalam mendiagnosa gondongan.

Jika ingin konsultasi via chat dengan dokter (Telekonsultasi), atau buat janji dokter di dalam atau luar negeri, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Kapan harus konsultasi ke dokter

Segera ke dokter jika muncul gejala seperti demam lebih dari 39oC, sulit atau tidak dapat makan atau minum, gangguan kesadaran berupa bingung dan tidak dapat mengenali waktu, orang atau tempat, nyeri perut, nyeri dan bengkak pada testis.

Biaya berobat gondongan

Besaran biaya pengobatan gondongan tergantung pada kondisi pasien, jenis tindakan medis yang dilakukan serta pilihan rumah sakit. Untuk perkiraan biaya pengobatan gondongan di dalam atau luar negeri, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Penyebab gondongan

Penyebab gondongan yaitu virusparamyxovirus. Virus tersebut menyebar dengan mudah dan cepat dari manusia ke manusia melalui air liur dan cairan hidung. Jika anda tidak memiliki imunitas terhadap gondongan, anda bisa terinfeksi gondongan melalui droplet air liur saat penderita berbicara, batuk atau bersin. Penularan juga bisa melalui alat makan serta gelas dari penderita gondongan. Periode infeksius/ penularan gondongan yaitu sejak hari ke-2 sampai hari ke-5 setelah muncul gejala gondongan.

Komplikasi gondongan

Jika gondongan tidak diobati maka akan muncul penyakit lain pada organ lainnya yang disebut dengan komplikasi. Meski komplikasi jarang terjadi, namun jika terjadi, dapat berpotensi menjadi penyakit serius. Komplikasi yang dapat terjadi yaitu infeksi dan peradangan pada organ tubuh lain seperti testis (orchitis), otak, selaput serta cairan otak, dan pankreas. Juga bisa terjadi komplikasi seperti gangguan pendengaran, gangguan jantung dan keguguran. Sekitar 20-30% pasien denganorchitis tidak mendapatkan vaksin gondong.

Gondongan pada ibu hamil

Gondongan yang timbul pada ibu hamil biasanya ringan dan tidak lebih berat gejalanya dibandingkan dengan pasien yang sedang tidak hamil. Namun gondongan pada usia kehamilan muda (trimester 1) dapat menyebabkan komplikasi pada janin. Komplikasi dapat berupa keguguran, kematian janin, berat badan lahir rendah, danmalformasi kongenital/ cacat bawaan.

Diagnosis gondongan

Jika anda atau anak anda memiliki gejala gondongan, maka dokter akan menelusuri riwayat imunisasi anda atau anak anda. Pemeriksaan tambahan yang biasanya dilakukan yaitu pemeriksaan darah untuk mendeteksi kemungkinan adanya virusmumps.

Cara mengobati gondongan

Kunci utama mengobati gondongan yaitu istirahat yang cukup, gaya hidup sehat, serta konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus, mengurangi gejala serta meningkatkan imunitas tubuh.

Bisakah gondongan disembuhkan?

Tentu saja bisa. Pasien gondongan dapat kembali bersekolah atau kerja jika sudah lewat 5-7 hari setelah gejala muncul.

Berapa lama waktu untuk sembuh dari gondongan?

Mayoritas penderita gondongan sembuh dari penyakit dalam beberapa minggu. Waktu penyembuhan dapat berbeda beda tergantung dari tingkat keparahan gejala.

Cara mencegah gondongan

Cara terbaik untuk mencegah gondongan yaitu dengan vaksinasi. Vaksin gondongan atau vaksin mumps biasa di gabungkan dengan vaksin lain yaitu vaksin cacar dan campak. Vaksin gabungan itu biasa disebut MMR (measles, mumps, rubella). Mayoritas orang yang telah divaksin akan memiliki imunitas terhadap gondongan. Vaksin ini tergolong aman dan efektif melindungi dari penyakit gondongan. Dua kali penyuntikan vaksin direkomendasikan sebelum usia anak sekolah. Jadwal 2 dosis tersebut yaitu antara usia 12-15 bulan dan usia 4-6 tahun. 

Pemberian 1 kali penyuntikan vaksin belum memberikan perlindungan yang efektif terhadap penyakit gondongan yaitu hanya memberikan 78% perlindungan. Pemberian 2 kali penyuntikan vaksin memberikan perlindungan sebesar 88%. Sedangkan pemberian 3 kali penyuntikan disarankan untuk daerah yang sedang mengalami kejadian luar biasa (KLB) gondongan. Pemberian vaksin pada pasien yang sudah atau sedang terinfeksi virus gondong tidak dapat mencegah munculnya gejala penyakit gondongan. Vaksin ini juga tidak disarankan diberikan sebagai pencegahan setelah terpapar dengan pasien gondongan.

Vaksin tidak disarankan untuk orang yang memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik neomisin dan komponen lainnya pada vaksin MMR serta orang yang memiliki gangguan sistem imun. Selain itu vaksin juga tidak direkomendasikan untuk ibu hamil atau wanita yang merencanakan kehamilan dalam 4 minggu kedepan.

Cara merawat pasien gondongan di rumah

Berikut beberapa cara untuk meredakan nyeri dan perawatan di rumah:

  • Isolasi pasien dari orang lain untuk mencegah penyebaran. Isolasi dilakukan selama 5-7 hari terhitung sejak munculnya gejala pada pasien.
  • Kompres air hangat atau air dingin pada pipi yang membengkak.
  • Makan makanan yang lembut agar mengurangi usaha mengunyah. Makanan bisa berupa bubur halus, sup, dll.
  • Hindari makanan dan minuman asam. Karena asam dapat memicu air liur sehingga kelenjar parotis semakin bengkak dan nyeri.
  • Konsumsi air minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi akibat demam

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.
Author dr. Kezia Christy dr. Kezia Christy
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Hipertiroid

Hipertiroid adalah kumpulan gejala yang muncul saat kelenjar tiroid tubuh memproduksi hormon tiroid Baca Selengkapnya...

Penyakit Gondok

Meskipun jarang menimbulkan rasa nyeri, kelenjar yang membesar dapat menyebabkan batuk, sulit Baca Selengkapnya...

Penyakit Tiroid

Tiroid merupakan organ berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di leher bawah jakun, berfungsi Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan