Penyakit A-Z

Seorang pria berkemeja biru meletakkan kedua tangan di atas dada karena mengalami nyeri dada akibat penyakit jantung rematik

Penyakit Jantung Rematik

Link Sehat - Penyakit jantung rematik merupakan komplikasi serius dari demam rematik, yakni peradangan hati, sistem saraf, kulit, dan sendi akibat infeksi bakteri. Demam rematik yang tidak ditandai segera dapat menyebabkan kerusakan permanen pada katup jantung hingga gagal jantung.

Gejala penyakit jantung rematik

Gejala yang muncul tergantung pada tipe dan tingkat keparahan penyakit. Namun secara umum, penyakit jantung rematik ditandai dengan:

  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas, terutama saat beraktivitas dan berbaring
  • Lemah dan mudah lelah
  • Kaki dan wajah membengkak

Segera temui dokter jika Anda mengalami gejala tersebut.

Penyebab penyakit jantung rematik

Penyakit jantung rematik bermula dari infeksi bakteri Streptococcus yang menyebabkan radang tenggorokan. Bakteri tersebut menempel pada saluran pernapasan atas dan memproduksi enzim yang merusak jaringan.

Pada kasus demam rematik, terjadi proses autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun menyerang organ jantung yang sehat. Akibatnya, jantung meradang dan katup jantung mengeras hingga mengganggu proses aliran darah ke seluruh tubuh.

Risiko penyakit jantung rematik meningkat pada orang yang terinfeksi bakteri Streptococcusyang tidak diterapi dengan tepat, serta pada anak yang mengalami sakit tenggorokan secara berulang.

Diagnosis penyakit jantung rematik

Diagnosis diawali dengan wawancara mengenai riwayat kesehatan dan gejala yang Anda alami. Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan fisik untuk mendeteksi adanya bunyi jantung tambahan. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis, meliputi:

  • Ekokardiogram (USG) untuk melihat gambaran ruang dan katup jantung
  • Foto rontgen dada untuk melihat paru-paru dan apabila ada pembesaran jantung
  • Elektrokardiogram untuk melihat aktivitas elektrik pada jantung

Pengobatan penyakit jantung rematik

Terapi yang dilakukan tergantung pada tingkat keparahan kerusakan katup jantung.

Umumnya, pengobatan penyakit jantung rematik berfokus pada upaya menghilangkan infeksi bakteri Streptococcus dan pencegahan demam rematik. Obat-obatan yang mungkin diberikan, antara lain: antibiotik dan obat anti radang untuk mengurangi risiko kerusakan jantung.

Pada kasus yang parah, operasi penggantian katup jantung mungkin diperlukan.

Pencegahan penyakit jantung rematik

Pencegahan dilakukan dengan menghindari infeksi bakteri Streptococcus, serta pemberian antibiotik segera jika infeksi terlanjur terjadi. Pastikan Anda mengikuti anjuran dokter dalam pemberian antibiotik agar infeksi dapat tertangani dengan tuntas.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

John Hopkins. Conditions and diseases. Rheumatic heart disease.
Medscape. (2019). Pediatrics: cardiac disease and critical care medicine. Pediatric rheumatic heart disease.
NCBI. (2016). Streptococcus pyogenes: Basic biology to clinical manifestations.


Author dr. Elrika Anastasia W. dr. Elrika Anastasia W.
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Aritmia, Ketika Detak Jantung Tidak Beraturan

Detak jantung tidak beraturan akibat aritmia perlu diwaspadai jika terjadi terus-menerus, karena Baca Selengkapnya...

Penyakit Jantung

Setiap orang berisiko mengalami penyakit jantung, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga Baca Selengkapnya...

Penyakit Katup Jantung

Adanya kelainan katup jantung bisa memperberat kerja jantung dan memengaruhi kemampuan jantung dalam Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan