Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia

Jumat, 17 Juli 2020

Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia

LinnkSehat - Masalah infertilitas banyak dialami oleh pasangan di Indonesia. Berdasarkan data dari SDKI 2012, Total Fertility Rate (TFR) atau Angka Fertilitas Total di Indonesia menunjukkan bahwa fertilitas orang yang tinggal di perkotaan sedikit lebih rendah (2,4) daripada orang yang tinggal di pedesaan (2,8).

Perkiraan terbaru tentang tingkat infertilitas di Indonesia mencapai angka 12% hingga 22% dari total populasi usia reproduksi. Tingkat infertilitas wanita Indonesia mencapai 15% atau sekitar 6 juta wanita Indonesia mengalami infertilitas atau memiliki masalah reproduksi tertentu.

Salah satu cara untuk mencapai kehamilan pasangan yang mengalami infertilitas adalah dengan bantuanin vitro fertilization(IVF) atau program bayi tabung. Teknologi IVF di Indonesia saat ini semakin berkembang.

Berikut ini LinkSehat bagikan rekomendasi rumah sakit bayi tabung di Indonesia, tingkat keberhasilan bayi tabung, dan faktor yang memengaruhi keberhasilannya.

Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia

Berikut ini rekomendasi rumah sakit bayi tabung di Indonesia bagi Anda dan pasangan dengan masalah infertilitas yang ingin memiliki keturunan.

1. Pusat Fertilitas Bocah Indonesia

Pusat Fertilitas Bocah Indonesia merupakan bagian dari Rumah Sakit Awal Bros, jaringan Rumah Sakit yang telah mendapatkan akreditasi Joint Commision International (JCI) sejak 2014. Klinik ini beralamat di Jl. MH. Thamrin No.3, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Biaya bayi tabung di Bocah Indonesia yakni mulai dari 65 juta rupiah. Berikut estimasi biaya konsultasi dan pemeriksaan awal:

  • Konsultasi dokter pertama mulai dari Rp499.000
  • USG TransV untuk melihat kondisi rahim wanita mulai dari Rp399.000
  • Sperma analisa untuk melihat kondisi kesuburan pria mulai dari Rp499.000
  • Konsultasi lanjutan (sesuai kebutuhan) mulai dari Rp749.000

Pada konsultasi pertama, tim spesialis fertilitas Klinik Bocah Indonesia akan menyarankan metode investigasi yang paling tepat untuk Anda dan pasangan. Biasanya ini mencakup pemeriksaan ultrasonografi untuk menilai kondisi rahim dan indung telur, pemeriksaan hormon pasutri, serta analisis cairan mani.

Layanan yang tersedia di Klinik Bocah Indonesia, meliputi:

  • IVF, merupakan proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh.
  • IUI, prosedur untuk membantu pembuahan dengan menempatkan sperma motil yang telah diproses dan terkonsentrasi ke dalam rahim.
  • ICSI, prosedur penyuntikan langsung sperma tunggal ke dalam sel telur.
  • IMSI, prosedur untuk memeriksa dan memilih sperma yang akan disuntikkan ke dalam sel telur menggunakan mikroskop digital perbesaran tinggi.
  • Pengawetan kesuburan, proses pengawetan sel telur, sperma, dan/atau embrio.
  • Pengobatan pria, berbagai prosedur untuk mengobati kondisi yang memengaruhi kesuburan pria (misalnya, produksi sperma rendah, fungsi sperma abnormal, dan penyumbatan yang menghalangi gerakan sperma).

Saat ini Anda bisa booking konsultasi dengan dokter obgyn Pusat Fertilitas Bocah Indonesia melalui aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

2. Morula IVF Indonesia

Morula IVF Indonesia adalah salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia dengan 10 cabang yang bisa Anda temukan di Jakarta, Depok, Bandung, Makassar, Tangerang, Padang, Surabaya, Pontianak, Jogjakarta, dan Ciputat. Estimasi harga program bayi tabung di Morula IVF yakni mulai dari 100 juta Rupiah.

Sejak didirikan pada tahun 1997, Morula IVF Indonesia telah mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya 2011 Finalist Ernst & Young Entrepreneurship Award, 1st IVF Chain in Indonesia, Online Medical Electronic System for IVF, 1st in Indonesia for Intra Morphologically Selected Sperm Injection (IMSI), 2015 Mendapatkan Sertifikasi RTAC, dan masih banyak lagi.

Morula adalah klinik Bayi Tabung pertama di Indonesia yang memiliki teknologi Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy atau PGT-A. Ini merupakan teknologi terbaru untuk screening kromosom pada embrio sehingga dapat mengoptimalkan tingkat keberhasilan kehamilan. Layanan Bayi Tabung lain yang tersedia di Morula IVF Indonesia, meliputi:

  • In-vitro fertilization (IVF)
  • Intrauterine Insemination (IUI)
  • Tracking Cycle, merupakan pola perhitungan masa subur berdasarkan rata-rata siklus haid pada pasien wanita.
  • Ovulasi Induksi adalah program reproduksi yang dibantu dengan obat-obatan penyubur untuk memicu pertumbuhan sel telur hingga mencapai ukuran normal tertentu agar menjadi matang dan siap dibuahi sperma.
  • VIP Incubator adalah layanan kultur embrio menggunakan teknologi timelapse incubator dimana pertumbuhan embrio diawasi secara ketat dengan lingkungan terkontrol dibawah incubator individual sehingga dapat mengoptimalisasi pertumbuhan dan menghasilkan embrio berkualitas baik.
  • Laparoscopy, prosedur bedah minimal untuk mengurangi resiko pasca operasi.
  • MESA, PESA, TESA, TESE adalah operasi pengambilan sel sperma pada buah zakar pria yang mengalami masalah pada jumlah/kualitas sperma atau pada kasus Azoospermia, untuk selanjutnya dapat dilakukan tindakan bayi tabung.

3. Klinik Melati RSAB Harapan Kita

Klinik Melati yang berada di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita sudah menangani program bayi tabung selama kurun waktu 24 tahun. Tingkat keberhasilan bayi tabung di Klinik Melati diklaim mencapai 30% hingga 40%. Alamat klinik ini di Jl. Letjen. S. Parman Kav 87, Kota Jakarta Barat.

Berikut ini layanan dan perkiraan biaya Bayi Tabung di Klinik Melati:

  • Konsultasi harga mulai dari Rp170.000.
  • USG transvaginal dan USG abdomen harga mulai dari Rp250.000.
  • Analisa sperma lengkap harga mulai dari Rp450.000.
  • Pemeriksaan sperma rutin harga mulai dari Rp250.000.
  • Inseminasi harga mulai dari Rp2.000.000.
  • Pungsi (sedot) kista harga mulai dari Rp1.750.000.
  • Histeroskopi harga mulai dari Rp5.100.000.
  • Pengambilan ovum harga mulai dari Rp15.000.000.
  • ICSI harga mulai dari Rp5.000.000.
  • Transfer embrio harga mulai dari Rp10.000.000.
  • Simpan beku sperma harga mulai dari Rp750.000.
  • Simpan beku embrio harga mulai dari Rp1.250.000.
  • Pesa Mesa Tesa harga mulai dari Rp7.000.000.
  • Assisted hatching.
  • Preimplantation genetic diagnosis.

4. Family Fertility Center (FFC)

Alamat: Jl. Pluit Mas Raya 1 Blok A. 2A-5A, Jakarta Utara

Family Fertility Center (FFC) merupakan bagian dari Rumah Sakit Family Pluit yang didirikan pada tahun 2004. Anggota tim FFC ikut terlibat dalam sejumlah predikat "the first in Indonesia" untuk berbagai teknik bayi tabung, seperti ICSI (1995), MESA (1996), TESE (1996), pembekuan embrio (1997), transfer blastosis (2000), injeksi sperma (2004), dan teknik in-vitro maturation/IVF (2008).

Pusat kesuburan ini beralamat di Jl. Pluit Mas Raya 1 Blok A. 2A-5A, Jakarta Utara. Berikut ini layanan yang tersedia di Family Fertility Center beserta perkiraan harganya:

  • Bayi tabung natural. Sel telur yang dibiarkan matang tanpa memerlukan obat-obatan untuk menstimulasi sel telur. Biaya yang dibutuhkan sekitar 20 juta rupiah sampai 30 juta rupiah.
  • Modified MILD, bayi tabung dengan bantuan obat hormon. Biaya sekitar 20 juta rupiah sampai 30 juta rupiah.
  • IVM (In Vitro Maturation), program bayi tabung dengan cara melakukan pematangan sel telur di luar tubuh dengan biaya sekitar 40 juta rupiah sampai 45 juta rupiah.
  • Long Agonist, Antagonis dan Antagonis + LH. Program bayi tabung dengan bantuan obat stimulasi berdosis tinggi. Prosedur ini membutuhkan biaya sekitar 65 juta rupiah (di luar harga skrining, cadang telur, sperma, dan hormon).

5. Klinik Daya Medika

Klinik Bayi Tabung di Rumah Sakit Daya Medika menerapkan metode SMART, yaitu Sophisticated, Modern, Affordable, Reproductive dan Technology. Dengan konsep ini, Klinik Daya Medika dapat menyediakan paket Program Bayi Tabung dengan harga terjangkau, yakni sekitar 46,9 juta rupiah.

Salah satu rumah sakit bayi tabung di Indonesia ini beralamat di Jl. Tomang Tol Raya Blok A1 No.16-18, Kedoya Selatan, Kebon Jeruk Jakarta Barat.

6. Siloam Hospital Lippo Village

Siloam Hospitals Lippo Village (SHLV) adalah rumah sakit pertama di Indonesia yang selama empat kali berturut-turut memperoleh akreditasi internasional dari Joint Commission International (JCI). Rumah sakit ini juga mendapat akreditasi KARS dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Alamat Siloam Hospital Lippo Village di Jl. Siloam no. 6, Lippo Karawaci, 1600 Tangerang, Banten, Indonesia 15811. Hubungi LinkSehat untuk menghitung estimasi biaya program bayi tabung di rumah sakit ini.

7. OMNI Fertility Centre (OMNI Hospital Pulomas)

OMNI Hospital Pulomas menyediakan pelayanan kesehatan khusus kesuburan. Fertility adalah sebuah pelayanan kesehatan dengan kemampuan alami untuk menghasilkan keturunan menggunakan metode inseminasi. Berlokasi di Jl. Pulomas Bar. VI No.20, RT.1/RW.11, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210. Semua fasilitas dan layanan di OMNI Hospital Pulomas didukung oleh tim dokter spesialis yang tergabung dalam Center of Excellence fertility. Estimasi biaya bayi tabung di OMNI Hospital Pulomas yakni mulai dari 60 juta rupiah. Hubungi LinkSehat untuk menghitung estimasi biaya tambahan lainnya.

Itulah rekomendasi rumah sakit bayi tabung di Indonesia. Apakah Anda sedang mencari klinik atau Rumah Sakit bayi tabung? Hubungi 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di assist.linksehat.com untuk mendapatkan rekomendasi tempat dan estimasi biaya bayi tabung di Penang, Singapura, dan Indonesia.

Tingkat Keberhasilan Program Bayi Tabung di Indonesia

Teknologi IVF di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat dan sudah diakui di dunia sebagai salah satu kontributor penting. Ini tidak hanya berdasarkan jumlah populasi, tetapi juga dari sisi ilmiah dan teknologi yang digunakan untuk mensukseskan program bayi tabung.

Tidak kalah dari kebanyakan rumah sakit atau klinik bayi tabung di luar negeri, standar layanan di Indonesia cukup tinggi dengan diawasi secara ketat oleh pemerintah dan PERFITRI atau POGI.

Presiden PERFITRIProf. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH, mengatakan bahwa program IVF di Indonesia sudah ada sejak tahun 1988 dan keberhasilan serta keamanannya sudah teruji.

Berdasarkan data dari PERFITRI REGISTRY 2017, tingkat keberhasilan program IVF di Indonesia mencapai 29%. Angka ini setara dengan data internasional dengan rata-rata keberhasilan hamil sebesar 25% hingga 30%.

Usia Pasien Memengaruhi Keberhasilan Program Bayi Tabung

Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan program bayi tabung, seperti gaya hidup, usia, merokok, olahraga, kehamilan sebelumnya, keguguran, kegagalan ovulasi, dan faktor lain yang perlu Anda bicarakan dengan dokter Anda.

Menurut Prof. Budi, semakin dini program bayi tabung dilakukan, maka kemungkinan memiliki keturunan akan semakin besar. TIngkat keberhasilan program bayi tabung dapat mencapai 40% jika dilakukan di bawah usia 35 tahun. Hal ini karena wanita yang berusia lebih muda biasanya memiliki sel telur yang lebih sehat, sehingga tingkat keberhasilan lebih tinggi. Sedangkan wanita di atas usia 35 tahun lebih rentan.

Daftar Klinik Bayi Tabung di Indonesia di atas bisa menjadi referensi Anda dan pasangan yang sangat ingin memiliki anak dengan kehamilan buatan.

Apabila Anda mempunyai pertanyaan atau rencana program bayi tabung, Konsultasi Dokter dengan dokter kandungan dan kebidanan di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang. Jika membutuhkan rekomendasi Rumah Sakit Bayi Tabung di Indonesia, Malaysia, atau Singapura, hubungi WhatsApp kami 0857 8000 8707.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

4 Pilihan Rumah Sakit Bayi Tabung di Penang

Banyak orang Indonesia datang ke Penang untuk melakukan bayi tabung di beberapa rumah sakit ini.

Daftar Rumah Sakit Bayi Tabung di Singapura

Jika Anda dan pasangan sudah mencoba banyak cara untuk hamil tapi tak kunjung membuahkan hasil, Baca Selengkapnya...