Tips Kumpul Keluarga di Era New Normal

Senin, 10 Mei 2021

Tips Kumpul Keluarga di Era New Normal

LinkSehat - Kumpul keluarga merupakan salah satu tradisi di bulan suci Ramadan. Namun, bepergian dapat meningkatkan peluang Anda untuk menyebarkan dan tertular COVID-19. Sebaiknya tunda perjalanan dan tetap tinggal di rumah, karena ini adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan orang lain.

Selama acara kumpul keluarga berlangsung, penting bagi penyelenggara acara untuk mengikuti langkah-langkah keamanan agar semua orang tetap aman dan terlindungi dari infeksi virus COVID-19. Hal ini bisa menjadi rumit ketika Anda kumpul-kumpul dengan keluarga yang tidak serumah dengan Anda. 

Jika harus tetap bepergian dan kumpul dengan keluarga, ikuti tips aman dari COVID-19 berikut ini:

1. Periksa Peraturan Setempat

Selalu perhatikan peraturan yang berlaku sebelum Anda mengatur atau menghadiri acara. Termasuk aturan mengenai jumlah maksimal orang dalam suatu pertemuan. Pastikan tidak ada hukum yang dilanggar jika ingin melakukan kumpul keluarga. 

2. Jangan Keluar Rumah Jika Tidak Enak Badan

Jika ada anggota keluarga yang merasa sakit atau mengalami gejala COVID-19, langkah yang terbaik untuk semua adalah tetap di rumah. Jika diperlukan, Anda bisa meminta para tamu untuk melakukan tes COVID-19 (swab antigen / swab PCR) terlebih dahulu sebelum acara berlangsung untuk memastikan kondisi kesehatan masing-masing orang.

3. Selenggarakan Acara di Luar Ruangan

Acara diadakan di luar ruangan untuk mendapatkan ventilasi ekstra guna meminimalisir risiko penyebaran COVID-19. Virus tidak dapat bertahan lama di area dengan ventilasi yang baik. Sedangkan ruang tertutup dapat memudahkan penyebaran virus dan kualitas udara di tempat tersebut mungkin tidak baik. 

Jika anggota keluarga memiliki halaman yang luas, ini selalu merupakan pilihan yang lebih baik.

4. Tetapkan Aturan Dasar Protokol Kesehatan 

Sebelum menghadiri pertemuan keluarga, pastikan semua anggota keluarga telah setuju untuk mengikuti protokol kesehatan. Setiap orang harus mengikutinya untuk menjaga integritas aturan yang diberlakukan. Bersiaplah untuk berbagai reaksi terhadap aturan tersebut, karena aturan lain mungkin menerapkan aturan yang lebih ketat untuk semua tamu.

5. Menerapkan Social Distancing

Jika kondisi mengharuskan Anda untuk kumpul keluarga, hindari kontak dekat dengan orang lain di luar rumah Anda. Hindari berkumpul di sekitar satu meja. Sebagai gantinya, sediakan beberapa meja atau area tempat duduk sehingga orang-orang dari rumah yang berbeda dapat terpisah setidaknya 6 kaki atau 2 meter.

6. Hindari Kegiatan yang Berkerumun

Hindari berada di area makan yang ramai dan hindari menggunakan toilet saat jam padat. Daripada memeluk atau membenturkan siku untuk menyapa, sebaiknya lambaikan tangan atau sapa orang lain secara verbal. 

Jika Anda datang ke acara yang melibatkan aktivitas orang dewasa atau anak-anak, pertimbangkan opsi yang memungkinkan adanya social distancing. Misalnya memilih kegiatan yang tidak perlu berkerumun dan lain sebagainya. 

7. Tetap Memakai Masker

Tetap pakai masker saat Anda berada di sekitar orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda, kecuali saat makan atau minum. Hindari menyanyi, berteriak, terutama saat Anda tidak memakai masker dan berada dalam jarak 6 kaki atau 2 meter dari orang lain.

8. Menyiapkan Masker, Hand Sanitizer, dan Tisu Ekstra

Penyelenggara acara dapat menyediakan atau tamu dapat membawa persediaan masker ekstra, hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol, dan tisu. Mungkin berguna untuk menempatkan penanda di lantai dengan jarak sekitar 6 kaki atau 2 meter untuk mempraktikkan social distancing. 

9. Sebaiknya Isolasi Mandiri Sebelum Acara

Jika perayaan melibatkan orang-orang dari rumah yang berbeda, disarankan agar penyelenggara acara dan tamu mempertimbangkan untuk menghindari kontak dengan orang-orang di luar rumah mereka selama 14 hari sebelum pertemuan. 

Penyelenggara acara juga dapat menyimpan daftar dan informasi kontak tamu untuk memudahkan pelacakan kontak di masa mendatang. 

10. Menjaga Kebersihan Tangan dan Sekitar

Pastikan semua orang mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menyiapkan, menyajikan, dan makan makanan. Jika Anda mengadakan pertemuan dengan orang lain, sediakan banyak sabun dan handuk sekali pakai atau handuk kertas di dapur dan kamar mandi.

11. Pastikan Makanan dan Minuman Higienis

Batasi orang yang keluar masuk area di mana makanan disiapkan. Berikan opsi kepada tamu untuk membawa makanan dan minuman untuk diri mereka sendiri dan anggota rumah mereka saja.

Jika tidak memungkinkan, hindari makanan seperti buffet. Minta satu orang untuk menyajikan semua makanan dan item yang dapat dibagikan, seperti saus salad dan bumbu atau sediakan satu porsi makanan dan bumbu. 

Kenakan masker jika Anda sedang menyiapkan atau menyajikan makanan untuk orang di luar rumah Anda. Anda dapat mempertimbangkan untuk meminta tamu menggunakan piring, cangkir, dan alat makan sekali pakai. Cuci dan desinfeksi barang-barang yang dapat digunakan kembali, seperti kain serbet dan taplak meja setelah acara.

12. Desinfeksi Permukaan yang Sering Disentuh

Batasi kontak langsung dengan permukaan yang sering disentuh. Segera bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh dan barang-barang yang digunakan bersama-sama. Sediakan tempat sampah tanpa sentuhan jika tersedia. Kenakan sarung tangan saat Anda membuang sampah.

Selain itu, jangan izinkan hewan peliharaan berinteraksi dengan orang di luar rumah Anda.

13. Awasi Anak-anak

Berkumpul dengan keluarga dapat membangkitkan semangat anak-anak, sehingga membuat mereka dan orang lain lebih rentan untuk melupakan aturan yang telah ditetapkan. 

Jika Anda datang ke acara keluarga dengan anak kecil, pastikan mereka selalu diawasi. Aturlah kegiatan lain yang bisa mereka lakukan yang tidak melibatkan terlalu banyak kontak, seperti bermain video game dengan saudaranya.

14. Siapkan Rencana Darurat

Jika seorang kerabat melaporkan bahwa mereka merasa tidak enak badan setelah berkumpul, semua anggota keluarga sebaiknya menjalani isolasi mandiri, serta bersiap untuk pergi fasilitas kesehatan setempat untuk menjalani tes COVID-19. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda dan keluarga aman dari paparan virus.

15. Lakukan Isolasi Mandiri Jika Terpapar COVID-19

Jika Anda merasa pernah melakukan kontak dekat dengan banyak orang dari rumah yang berbeda atau Anda mungkin telah terpapar virus COVID-19, lakukan tindakan pencegahan ekstra selama 14 hari. Sementara Anda menunggu hasil tes COVID-19, tetaplah di rumah dan ikuti langkah-langkah keamanan.

Tetap tinggal di rumah sebanyak mungkin, hindari berada di sekitar orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah dengan COVID-19, dan pertimbangkan untuk menjalani tes COVID-19. Untuk tes COVID-19 keluarga, Anda bisa menggunakan layanan Home Service LinkSehat. Daftar melalui WhatsApp 0858 9000 8500

Apabila Anda atau ada anggota keluarga yang mengalami gejala COVID-19, jangan ragu untuk Konsultasi Online melalui Aplikasi Dokter Online LinkSehat. Anda juga dapat booking swab antigen dan PCR. Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Covid-19: Kenapa Social Distancing Penting?

Untuk mencegah penyebaran yang lebih luas, banyak negara telah menyarankan warganya untuk melakukan Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...