Tips Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Rabu, 06 Mei 2020

Tips Mengajarkan Anak Puasa Pertama Kali

Link Sehat - Meski belum diwajibkan untuk berpuasa, tidak ada salahnya untuk para orangtua mengenalkan puasa kepada Si Kecil. Jadi setelah memasuki usia wajib berpuasa, ia bisa menjalankan puasa dengan baik. Tapi, bagaimana cara mengajarkan anak puasa untuk pertama kali?

Mengenalkan puasa kepada anak bukan hal mudah. Ia mungkin bersemangat untuk ikut sahur dan berbuka, tapi belum tentu mau menjalankan puasa. Maka itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengajarkan Si Kecil berpuasa.

Cara mengajarkan anak puasa

1. Beri contoh

Anak-anak biasanya belajar dari lingkungan, sehingga salah satu cara mengajarkan puasa pada anak adalah dengan memberi contoh. Ketika Anda dan pasangan berpuasa, Si Kecil mungkin saja bertanya-tanya. Anda bisa menjelaskan padanya dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti mengenai puasa, tujuan, dan manfaatnya. Rasa penasaran inilah yang bisa mendorongnya untuk ikut berpuasa.

2. Mulai perlahan

Mengenalkan puasa pada anak bisa dengan berbagai cara. Misalnya, dengan mengajak Si Kecil puasa makanan favorit atau berpuasa dalam rentang waktu yang lebih pendek. Jika ia berhasil melakukan tantangan tersebut, Anda boleh meningkatkan latihan puasa sampai akhirnya ia bisa puasa seharian.

3. Tidak memaksakan kehendak

Sebagai orang tua, wajar jika Anda merasa bangga saat Si Kecil bisa berpuasa penuh. Namun tentu saja, Si Kecil membutuhkan proses dan adaptasi untuk bisa benar-benar puasa secara full.Agar Si Kecil dapat menikmati proses belajar berpuasa, maka perlu diperhatikan agar tidak terlalu cepat memaksanya untuk biasa berpuasa penuh. Yang terpenting dalam mengajarkan anak berpuasa adalah, Si Kecil bisa mengenal apa itu puasa dan bagaimana cara menjalankannya.

4. Isi waktu dengan kegiatan menyenangkan

Menunggu waktu berbuka bisa melelahkan untuk Si Kecil, apalagi jika ini puasa pertamanya. Maka untuk mengisi waktu luang sambil menunggu berbuka, ajak Si Kecil melakukan aktivitas seru, seperti mengajaknya bermain mainan favoritnya, membacakan dongeng, dan kegiatan lain yang bisa membuatnya lupa waktu.

5. Beri penghargaan

Tentu saja. Puasa bukan hal mudah untuk dijalani anak-anak. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda dan pasangan memberi penghargaan atas usaha yang dilakukan Si Kecil. sebagai bentuk apresiasi, terlepas dari berapa lama ia berpuasa. Hal ini dapat menambah semangat Si Kecil untuk berpuasa di kemudian hari.

Tidak selalu dalam bentuk materi, Anda bisa memberikan penghargaan berupa pujian, seperti “anak bunda hebat”. Bentuk penghargaan lain yang bisa membuat Si Kecil semangat puasa adalah dengan menyediakan makanan favoritnya saat berbuka.

Si Kecil masih dalam masa tumbuh kembang sehingga membutuhkan nutrisi yang baik. Jadi saat mengajarkannya berpuasa, jangan lupa untuk menyediakan makanan sehat dan bergizi seimbang agar ia bisa tumbuh optimal serta puasa dengan lancar.

Jika Anda atau Si Kecil memiliki keluhan sakit selama puasa, jangan ragu untuk Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Sistem Imun

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir menjalaninya di Baca Selengkapnya...

5 Tips Puasa Sehat Saat COVID-19

Situasi berpuasa sekarang berbeda, akan ada beberapa perubahan yang membuat Anda harus beradaptasi.