Agar Privasi Terjaga, Ini Tips Konsultasi dengan Aplikasi Dokter Online

Senin, 04 Oktober 2021

Agar Privasi Terjaga, Ini Tips Konsultasi dengan Aplikasi Dokter Online

LinkSehat - Aplikasi dokter online kini marak digunakan. Terlebih di tengah pandemi, ketika mobilitas dibatasi untuk mencegah penyebaran Covid-19, fitur ini menjadi pilihan ideal untuk berkonsultasi dengan dokter umum dan spesialis kapan saja dari rumah. Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, salah satunya adalah LinkSehat.

Tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menggunakan aplikasi agar konsultasi dokter berlangsung nyaman, privasi terjaga, dan keamanan data terjamin.

Manfaat aplikasi dokter online di tengah pandemi Covid-19

Aplikasi dokter online memfasilitasi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan kapan saja dan dimana saja. Layanan ini dapat menjadi pilihan aman untuk berkonsultasi dengan dokter dari rumah sehingga dapat membantu mengurangi risiko penularan Covid-19.

Berikut ini manfaat aplikasi dokter online di masa pandemi Covid-19:

  • Skrining pasien yang mungkin memiliki gejala Covid-19.
  • Memberikan perawatan darurat berisiko rendah untuk kondisi bukan Covid-19, mengidentifikasi orang yang mungkin memerlukan konsultasi, penilaian medis tambahan, dan merujuk ke dokter spesialis yang sesuai.
  • Akses penyedia perawatan primer dan spesialis, termasuk kesehatan mental dan perilaku, untuk kondisi kesehatan kronis dan manajemen pengobatan.
  • Memberikan pembinaan dan dukungan untuk pasien yang mengelola kondisi kesehatan kronis, termasuk manajemen berat badan dan konseling nutrisi.
  • Memantau tanda-tanda klinis dari kondisi medis kronis tertentu, misalnya, tekanan darah, glukosa darah, dan sebagainya.
  • Membantu pasien yang kesulitan mengakses perawatan, misalnya mereka yang tinggal di lingkungan pedesaan, orang dewasa yang lebih tua, dan mereka yang memiliki mobilitas terbatas.

Fitur aplikasi dokter online selain konsultasi kesehatan

Aplikasi dokter online tidak hanya menyediakan layanan konsultasi, melainkan juga beberapa fitur lainnya seperti:

  • Booking medical check up. Saat ini Anda bisa membuat janji temu dokter secara online dan tatap muka lewat aplikasi dokter online. 
  • Memesan obat-obatan. Tidak hanya makanan dan minuman yang bisa dipesan secara online, sekarang Anda bisa melakukan pembelian obat-obatan secara online. 
  • Memesan vaksin dan tes Covid-19. Registrasi vaksin dan tes Covid-19 bisa dilakukan secara online. Setelah bayar, Anda tinggal datang sesuai jadwal vaksin atau tes Covid-19 yang Anda pilih. 
  • Medical assistance, yaitu asistensi medis untuk berobat luar negeri. Layanan ini membantu Anda untuk mendapatkan rekomendasi dokter dan rumah sakit, perhitungan estimasi biaya berobat, booking janji temu dokter, hingga pemesanan akomodasi dan transportasi selama berobat.

Baca Juga: Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Tips jaga privasi saat konsultasi kesehatan via aplikasi dokter online

Saat konsultasi online, Anda harus mengisi data diri lengkap dan membagikan riwayat penyakit kepada dokter. Privasi Anda akan terjaga jika aplikasinya memang aman. Berikut tips jaga privasi saat konsultasi kesehatan via aplikasi dokter online:

1. Otentikasi yang kuat

Platform aplikasi kesehatan harus menyediakan metode otentikasi yang kuat sebelum dapat mengakses informasi rahasia seperti data pasien. Itu sebabnya Anda harus membuat akun dan login agar keamanan data terjaga. Saat membuat akun, pastikan kata sandi harus rumit dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

2. Enkripsi Data

Untuk membantu memastikan privasi dan keamanan komunikasi, platform harus menyediakan end-to-end encryption. Ini berarti bahwa hanya Anda dan dokter saja yang saling terhubung dan berpartisipasi dalam ruang obrolan.

3. Gunakan koneksi internet yang aman

Jaringan Wi-Fi publik sebaiknya tidak boleh digunakan saat Anda sedang bertukar informasi sensitif apapun, termasuk saat menggunakan aplikasi kesehatan.

4. Hati-hati dengan phising

Phising adalah pencurian data dengan teknik mengelabui. Biasanya Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman tertentu dan mengisi data pribadi. Anda harus berhati-hati saat menerima email, pesan, atau telepon dari pihak yang tidak bertanggung jawab dan mengatasnamakan aplikasi yang sedang Anda gunakan. Perhatikan pengirim email, alamat situs, dan/atau konfirmasi panggilan ke Customer Service aplikasi untuk menghindari risiko pencurian data yang tidak diharapkan.

LinkSehat adalah Aplikasi Dokter Online yang bisa Anda gunakan untuk berkonsultasi dengan dokter, membuat janji temu dengan dokter, mendaftar tes Covid-19, dan mendapatkan asistensi medis saat berobat ke luar negeri. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Yoana Periskila, MKK dr. Yoana Periskila, MKK

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Telekonsultasi di Tengah Pandemi Covid-19

Datang ke RS saat COVID-19 tentu bukan pilihan utama, apalagi jika gejala sakit yang dialami masih Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...

Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Diantara konsultasi dokter online dan tatap muka, mana yang lebih aktif dilakukan?

Tanya Dokter untuk Konsultasi COVID-19: Dokter Umum atau Spesialis?

Tetap terhubung dengan dokter umum atau spesialis saat alami gejala COVID-19.