Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Jumat, 27 Agustus 2021

Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

LinkSehat - Konsultasi dokter sebaiknya dilakukan dari rumah atau secara online untuk meminimalisir penularan Covid-19. Meski begitu, ada beberapa kondisi medis tetap membutuhkan konsultasi dokter tatap muka. Lantas, mana yang lebih efektif antara konsultasi dokter online dan tatap muka?

Apa Keunggulan Konsultasi Dokter Online?

Berbeda dari konsultasi tatap muka, konsultasi dokter online mempermudah Anda untuk mengakses layanan kesehatan tanpa perlu datang langsung ke fasilitas kesehatan (faskes). Berikut ini beberapa keunggulan konsultasi konsultasi dokter dibandingkan tatap muka:

1. Bebas Pilih Dokter

Lewat aplikasi dokter online, Anda dapat memilih dokter untuk konsultasi online berdasarkan spesialisasi, lokasi praktek, dan lama praktek. Anda juga dapat melihat kisaran biaya yang dibutuhkan untuk satu kali sesi konsultasi. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan review terkait kinerja dokter saat melayani pasien baik saat konsultasi online maupun tatap muka. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum berkonsultasi dengan dokter.

2. Cek Jadwal Dokter

Pada konsultasi tatap muka, Anda mungkin harus menghubungi pihak faskes untuk mengetahui apakah dokter yang ingin dituju sedang praktek atau tidak. Mengunjungi situs resmi faskes bisa menjadi cara lain yang lebih mudah. Namun saat menggunakan platform telemedicine, Anda bisa mengecek jadwal dokter secara real time melalui aplikasi kesehatan. Ini akan memudahkan Anda untuk mengatur jadwal konsultasi online maupun tatap muka.

3. Waktu Konsultasi Fleksibel

Anda bisa buat janji konsultasi dokter online kapan saja. Jadwal dokter akan ditampilkan di aplikasi dan Anda bisa menentukan waktu konsultasi sesuai dengan kesediaan waktu Anda.+-

4. Hemat Waktu

Terkadang antrean panjang tidak dapat dihindari saat menunggu konsultasi tatap muka di faskes. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih konsultasi dokter online, sehingga Anda bisa menghemat waktu karena tidak harus melakukan perjalanan dan menunggu lama di rumah sakit. Anda cukup menunggu waktu konsultasi tiba dan membuka aplikasi untuk langsung berkomunikasi dengan dokter.

5. Resep Digital

Setelah konsultasi, biasanya dokter akan memberikan resep untuk mengobati penyakit Anda. Tenang saja, melalui konsultasi online Anda juga bisa mendapatkan resep dari dokter melalui fitur resep digital (e-resep) yang bisa Anda tebus di apotek terdekat. Beberapa aplikasi dokter online bahkan telah terintegrasi dengan layanan ojek online sehingga obat bisa diantarkan langsung ke rumah Anda.

6. Mengurangi Risiko Tertular Penyakit

Selalu ada kemungkinan tertular penyakit baru dari pasien lain saat Anda berada di rumah sakit. Dengan tetap berada di rumah, Anda mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan sekaligus menghindari risiko paparan penyakit.

Kapan perlu konsultasi tatap muka? 

Konsultasi dokter lewat telepon, email, dan video cocok untuk masalah kesehatan yang tidak memerlukan pemeriksaan fisik. Umumnya konsultasi online lebih cepat dan memungkinkan akses yang lebih nyaman untuk pasien. Namun, beberapa kondisi berikut mengharuskan Anda untuk tetap melakukan konsultasi tatap muka:

  • Membutuhkan pemeriksaan fisik dalam bentuk apa pun.
  • Mengalami kecelakaan yang mengakibatkan luka dan cedera. 
  • Merasa lebih nyaman berbicara langsung dengan dokter Anda. 
  • Membutuhkan prosedur seperti injeksi sendi atau operasi kecil. 

Dalam beberapa kasus seperti masalah kesehatan kronis atau kesehatan mental, Anda mungkin membutuhkan gabungan antara konsultasi online dan tatap muka.

Kapan sebaiknya melakukan konsultasi dokter online?

Konsultasi dokter online menjadi pilihan yang paling aman di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Berikut ini waktu yang tepat untuk Anda melakukan konsultasi online:

  • Ketika mulai merasa sakit dan membutuhkan bantuan medis segera. Meskipun telemedicine tidak disarankan untuk masalah kesehatan darurat, konsultasi dokter online bisa salah satu cara cepat untuk mendapatkan informasi mengenai pertolongan pertama saat terjadi kondisi darurat medis.
  • Ketika membutuhkan informasi tambahan mengenai hasil atau tindak lanjut perawatan dari dokter setelah menajalani pemeriksaan fisik atau cek laboratorium.
  • Membutuhkan dokter spesialis. Konsultasi dokter online memungkinkan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis. Hal ini bermanfaat untuk Anda yang lokasi rumahnya jauh dengan rumah sakit sehingga akses ke dokter spesialis terbatas.

Mana yang Lebih Efektif: Konsultasi Dokter Tatap Muka atau Online?

Jawabannya tergantung dari kebutuhan Anda. Untuk kondisi yang membutuhkan pemeriksaan fisik langsung atau situasi darurat, maka konsultasi tatap muka lebih efektif dibandingkan konsultasi online. Namun jika tujuan konsultasi hanya untuk mencari informasi, tindak lanjut pengobatan (follow up), dan kondisi medis yang ringan tanpa memerlukan pemeriksaan fisik tentunya konsultasi online lebih efektif.

Tips Agar Konsultasi Dokter Tatap Muka dan Online Efektif

Maksimalkan sesi konsultasi Anda sebaik mungkin. Dapatkan informasi dan nasihat dokter yang berguna untuk kesehatan Anda. Jika perlu, buatlah catatan agar tidak ada resep atau anjuran dokter yang terlewat. 

Tips konsultasi dokter tatap muka

  • Persiapkan kunjungan dokter. Tuliskan semua masalah medis Anda, serta nama dan dosis obat yang sedang dipakai. Buat salinannya dan berikan kepada perawat saat Anda tiba untuk kunjungan dokter. Perawat akan menambahkannya ke catatan medis Anda.
  • Ketahui obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Pastikan Anda mengetahui nama masing-masing obat, dosis, dan aturan pakainya. Ini termasuk obat herbal, multivitamin, dan obat yang dijual bebas. Beri tahu juga kepada dokter tentang obat-obatan yang menyebabkan efek samping setelah Anda memakainya.
  • Jelaskan kondisi Anda dengan jujur dan mendetail. Beri tahu dokter segala sesuatu yang dapat memengaruhi kesehatan Anda. Misalnya saat ini Anda sedang mengonsumsi obat pencahar, sedang diet, menggunakan alat bantu tidur, dan sebagainya. 
  • Buat catatan. Setelah sesi konsultasi selesai, buat catatan jika Anda membutuhkan sesuatu atau bawa pendamping untuk membantu Anda mencatat nasihat dokter. Tulis nama obat yang diresepkan oleh dokter dan jangan ragu untuk bertanya. 

Tips konsultasi dokter online

  • Pastikan kelengkapan teknis. Saat mempersiapkan konsultasi dokter online, pastikan Anda memiliki semua persyaratan teknis yang diperlukan, seperti video, audio, dan koneksi internet yang stabil. 
  • Pastikan pencahayaan ruangan cukup. Pastikan pencahayaannya cukup, terutama jika Anda perlu menunjukkan ruam atau gejala fisik lainnya.
  • Buat daftar pertanyaan. Membuat daftar pertanyaan sebelum konsultasi adalah cara untuk memastikan Anda tidak melupakan apa pun. Jika Anda lupa menanyakan sesuatu, Anda mungkin harus menunggu panggilan balik atau membuat janji konsultasi baru. 
  • Gunakan waktu dengan bijak. Sebagian besar sesi konsultasi online berlangsung sekitar 30 menit, jadi pastikan untuk menggunakan waktu Anda dengan bijak. Jika Anda memiliki banyak pertanyaan, tanyakan yang paling penting terlebih dahulu.

Ingin melakukan konsultasi online dengan dokter? Gunakan aplikasi LinkSehat untuk Konsultasi Sekarang atau Buat Janji temu dengan dokter lebih mudah. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

  • https://gomedii.com/blogs/english/health-a2z/online-vs-offline-appointments/ 
  • https://prashanthhospitals.org/why-should-you-try-online-medical-consultation/ 
  • https://www.top10.com/online-doctors/10-tips-for-a-successful-consultation-with-an-online-doctor 
  • https://www.uhhc.co.nz/general-practice/when-you-should-have-a-face-to-face-consultation-with-your-doctor/ 
  • https://www.webmd.com/men/features/tips-for-a-successful-doctor-visit 


Reviewed by dr. Deno Saputra dr. Deno Saputra

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Saat pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak berkunjung ke RS kecuali dalam keadaan darurat.

Konsultasi Online: Apakah Diagnosis yang Diberikan Akurat?

Meski kehadiran telekonsultasi memudahkan pasien bertemu dokter, yang seringkali menjadi persoalan Baca Selengkapnya...

Manfaat Telekonsultasi di Tengah Pandemi Covid-19

Datang ke RS saat COVID-19 tentu bukan pilihan utama, apalagi jika gejala sakit yang dialami masih Baca Selengkapnya...

Mengenal Telemedicine, Solusi Konsultasi Dokter Jarak Jauh

Selain konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa buat janji temu di Rumah Sakit dan mendapatkan resep Baca Selengkapnya...