Berobat ke India: Keunggulan, Cara, dan Perkiraan Biaya

Rabu, 01 September 2021

Berobat ke India: Keunggulan, Cara, dan Perkiraan Biaya

LinkSehat - Berobat ke India menjadi pilihan sebagian orang untuk mendapatkan perawatan kesehatan terbaik. Terutama bagi mereka yang perlu menjalani transplantasi organ selain perawatan kanker dan bedah jantung/saraf. Lebih dari 36 Rumah Sakit di India telah mendapatkan sertifikat Joint Commission International (JCI) sehingga kualitasnya sudah terjamin dan diakui oleh dunia.

Keunggulan Berobat ke India

Buat Anda yang masih bertanya-tanya tentang berobat ke India, berikut ini keunggulannya yang bisa menjadi pertimbangan Anda dan keluarga:

1. Unggul dalam Transplantasi Organ

Apabila Anda atau keluarga sedang membutuhkan perawatan transplantasi organ, India bisa menjadi pilihan. Mulai dari transplantasi organ ginjal, hati, sumsung tulang, kornea, jantung, hingga paru-paru.

2. Perawatan Medis Berkualitas

Akreditasi JCI menjadi bukti pengakuan kualitas dari Rumah Sakit di India. Salah satu Rumah Sakit yang telah mendapatkan akreditasi JCI di India adalah Apollo Hospital yang diakui setara dengan Rumah Sakit di Amerika atau Eropa Barat.

3. Biaya Terjangkau

Soal biaya, Anda tidak perlu khawatir. Biaya pengobatan di India cenderung terjangkau dibandingkan negara lainnya. Perkiraan biaya berobat di India hanya setengah dari harga yang harus Anda keluarkan saat berobat di Penang, Singapura, Cina, dan Thailand.

Selama berobat mungkin Anda khawatir tentang banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Tenang saja, biaya hidup di India cenderung terjangkau. Anda juga bisa menyesuaikan transportasi dan akomodasi selama berobat sesuai dengan budget yang tersedia. Melalui Medical Assistance, LinkSehat siap membantu menghitung estimasi perkiraan biaya berobat dan lainnya selama di India sehingga Anda tidak perlu khawatir over budget.

4. Waktu Tunggu Lebih Sedikit

Tidak perlu lagi menunggu lama untuk bisa mendapatkan jadwal operasi. Transplantasi organ di India bisa ditangani hanya dalam waktu 1 bulan dan Anda bisa langsung kembali ke Indonesia dua bulan sejak tanggal kedatangan di India.

5. Kemudahan Komunikasi

Bahasa tidak akan menjadi kendala karena bahasa Inggris umum digunakan di Indonesia. Untuk pasien dari Indonesia, tersedia juru bahasa (translator) yang bisa berbahasa Indonesia sehingga komunikasi Anda dan dokter akan tetap lancar selama berobat.

6. Transportasi Mudah

Anda bisa melakukan perjalanan ke India dengan mudah. Banyak penerbangan yang bisa Anda gunakan dari Malaysia, Singapura, dan Thailand dengan harga yang bervariasi. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget.

7. Kemudahan Visa

Jangan khawatir. Visa medis untuk keperluan berobat di India bisa dengan mudah Anda dapatkan. Kedutaan India sangat kooperatif dalam memberikan via medis. Umumnya dibutuhkan waktu sekitar 24 sampai 48 jam untuk visa medis keluar.

Perkiraan Biaya Berobat ke India

Biaya berobat di India bervariasi, tergantung pada perawatan yang harus Anda jalani. Namun secara umum, berikut ini perkiraan biaya selama berobat ke India (dalam USD):

  • Angiografi USD 840
  • Bypass Jantung ( Coronary Artery Bypass Graft/CABG) USD 8.500
  • Transplantasi hati USD 33.500 (anak-anak) dan USD 42.000 (orang dewasa)
  • Transplantasi ginjal USD 23.000 
  • Transplantasi kornea USD 6.000
  • Transplantasi sumsum tulang mulai dari USD 30.000

Cara Berobat ke India

Saat ini berobat ke India lebih mudah. Anda bisa menggunakan layanan Medical Assistance LinkSehat untuk mendapatkan:

  • Bebas biaya layanan rekomendasi dokter dan rumah sakit
  • Gratis hitung perkiraan biaya berobat
  • Pelayanan tiket perjalanan dan akomodasi
  • Informasi berobat ke India saat pandemi Covid-19

Hubungi Medical Consultant LinkSehat melalui WhatsApp 0857 8000 8707 untuk Anda yang ingin bantuan berobat ke India saat pandemi COVID-19.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Langkah dan Biaya Berobat ke Penang

Berikut adalah Langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebelum berobat ke Penang.

Ingin Berobat ke Luar Negeri? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Berobat ke luar negeri biasanya menjadi alasan pasien Indonesia yang ingin mendapatkan second Baca Selengkapnya...