Ingin Berobat ke Luar Negeri? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Kamis, 10 Juni 2021

Ingin Berobat ke Luar Negeri? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

LinkSehat - Berobat ke luar negeri  biasanya menjadi alasan pasien Indonesia yang ingin mendapatkan second opinion atau menjalani pengobatan tertentu. Malaysia, Singapura, dan Thailand adalah negara-negara yang sering dipilih untuk mendapatkan pengobatan. Alasannya  selain jarak yang dekat, biaya berobat di negara tersebut  juga cenderung terjangkau ditambah dengan kualitas pelayanan dan ketersediaan alat yang memadai.

Jenis pengobatan di luar negeri yang paling sering dipilih oleh pasien Indonesia adalah bedah kosmetik dan rekonstruksi, perawatan gigi, bedah tulang belakang, operasi penurunan berat badan, serta pengobatan mata, tulang, jantung dan kanker.(ini kalo ada sumbernya boleh banget nov, sekalian taro link keluar sumbernya).

Jika Anda atau anggota keluarga berencana untuk melakukan salah satu tindakan pengobatan di atas, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Berobat ke Luar Negeri:

1. Kumpulkan informasi yang akurat

Sebaiknya Anda mencari tahu informasi tentang pengobatan di negara yang ingin dituju selengkap-lengkapnya. Hal ini termasuk informasi mengenai rumah sakit yang akan didatangi, layanan apa yang akan didapatkan, besaran biaya perawatan yang diperlukan, dan hal-hal lainnya.

Dalam memilih rumah sakit dan dokter untuk berobat di luar negeri, beberapa informasi berikut juga dapat Anda jadikan referensi:

  • Fasilitas dan akreditasi rumah sakit.
  • Kualifikasi dan pendidikan dokter.
  • Keanggotaan profesional dokter yang bersangkutan.
  • Testimoni pasien yang pernah berobat sebelumnya.
  • Jika Anda tidak memiliki waktu banyak, gunakan jasa konsultan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai Rumah Sakit tujuan.

2. Cek layanan asuransi kesehatan

Beberapa polis asuransi dari Indonesia dapat menanggung biaya berobat hingga ke luar negeri.Anda disarankan untuk berbicara dengan penyedia layanan asuransi mengenai tanggungan dan prosedur klaim asuransi saat berobat di luar negeri  untuk menghindari kesalahpahaman, 

Namun Jika Anda ingin menjalani pengobatan dengan biaya mandiri, LinkSehat dapat membantu memberikan perkiraan biaya perawatan sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya tak terduga yang dapat membuat over budget saat berobat di luar negeri.

3. Lengkapi dokumen pengobatan 

Persiapkan dokumen perjalanan secara lengkap agar pengalaman berobat ke luar negeri Anda lebih nyaman. Ini termasuk dokumen pribadi (seperti passport, visa), rekam medis terakhir, surat rujukan dari dokter di Indonesia, surat izin masuk ke suatu negara dan beberapa dokumen lain yang dibutuhkan jika Anda berobat saat pandemi COVID-19.

4. Bawa pendamping saat berobat

Perjalanan ke luar negeri dengan tujuan berobat tentu berbeda. Anda membutuhkan pendamping selama berobat untuk menemani Anda menjalani rangkaian perawatan yang dibutuhkan. Jumlah pendamping berobat biasanya tidak dibatasi, tetapi selama COVID-19, hanya diizinkan satu (1) pendamping saja.

Daftar Rumah Sakit untuk Berobat di Luar Negeri

Berikut referensi rumah sakit yang dapat menjadi destinasi perawatan kesehatan Anda saat berobat di luar negeri [klik untuk informasi selengkapnya]:

Butuh Bantuan Berobat ke Luar Negeri?

Prosedur berobat ke luar negeri dapat membingungkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, Medical Assistance LinkSehat hadir untuk membantu Anda yang ingin berobat ke luar negeri dengan lebih mudah. Layanan kami meliputi:

  • Booking untuk medical check up.
  • Booking untuk konsultasi bersama dokter spesialis.
  • Menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.
  • Mengurus semua proses administrasi yang dibutuhkan selama berobat.
  • Mencari dokter dan rumah sakit di dalam dan luar negeri sesuai kondisi Anda.

Ingin berobat ke luar negeri dengan bantuan LinkSehat? Hubungi WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

5 Alasan untuk Berobat ke Malaysia

Bagaimana cara berobat ke Malaysia selama pandemi COVID-19? Simak informasi selengkapnya di bawah Baca Selengkapnya...