Penyakit A-Z

Cacar Air

Cacar Air

Link Sehat - Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala khasnya berupa bentol merah seperti lepuh yang terasa gatal di seluruh tubuh.

Gejala cacar air

Selain lepuh pada kulit, cacar air juga dapat disertai dengan demam, nafsu makan berkurang, dan nyeri kepala. Kemunculan cacar air terjadi melalui 3 tahapan, yaitu:

  • Muncul bentol merah pada hari pertama
  • Muncul lepuh pada kulit dan rentan pecah
  • Lepuh mengering dan menjadi keropeng

Meski dapat hilang, penyakit cacar air berpotensi menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi bakteri pada darah, masalah perdarahan, dehidrasi, radang otak, pneumonia, dan sindrom Reye pada anak yang mengonsumsi aspirin saat cacar air.

Segera temui dokter jika muncul ruam kemerahan pada kulit dan disertai dengan demam.

Penyebab cacar air

Penyakit cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster yang dapat menular jika Anda menyentuh kulit penderita, atau menghirup partikel air liur (droplet) penderita saat batuk atau bersin. Biasanya bentol merah muncul 1-2 hari setelah terinfeksi virus.

Cacar air rentan terjadi pada anak berusia kurang dari 2 tahun. Anda berisiko tinggi mengalami cacar air jika belum pernah terinfeksi cacar air atau tidak pernah mendapatkan vaksinasi cacar air. Sistem imun yang sedang lemah juga membuat Anda rentan tertular cacar air, termasuk penurunan daya tahan tubuh akibat efek samping kemoterapi atau penyakit tertentu (seperti HIV/AIDS).

Setelah penyakit cacar air sembuh, virus varicella zoster akan berpindah ke saraf sensoris dan menetap di sana. Jika virus tersebut aktif kembali, Anda mungkin mengalami herpes zoster atau lebih dikenal dengan “cacar api” atau “cacar ular”.

Diagnosis cacar air

Penyakit cacar air didiagnosis melalui wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah rutin, pengambilan sampel cairan lepuh (apusan Tzanck), tes serologi, dan foto Rontgen.

Pengobatan cacar air

Beberapa terapi yang dapat diberikan pada penderita cacar air, antara lain:

  • Obat demam untuk mengurangi demam
  • Calamine lotion atau bedak salicyl untuk mengatasi gatal dan lepuh
  • Obat antihistamin oral untuk mengatasi gatal
  • Obat asiklovir (antivirus) oral untuk mengurangi gejala dan durasi penyakit
  • Obat asiklovir suntik direkomendasikan untuk penderita yang mengalami gangguan imun atau komplikasi cacar air

Jika Anda mengalami cacar air, sangat disarankan untuk mandi, memperbanyak minum air putih, dan menghindari kebiasaan menggaruk bentol atau lepuh pada kulit. Cacar air dapat diatasi dengan rawat jalan. Namun pada penderita gangguan imun dan komplikasi, disarankan untuk menjalani rawat inap.

Pencegahan cacar air

Meski umumnya hanya terjadi sekali seumur hidup, cacar air juga dapat terjadi lebih dari satu kali. Untuk mencegah cacar air, Anda dianjurkan untuk melakukan vaksinasi cacar air.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

John Hopkins Medicine. Health. Chickenpox.
Medscape. (2018). Drugs & diseases. Dermatology. Chickenpox.
WebMD
. (2019). Children's health. What is chickenpox.


Author dr. Elrika Anastasia W. dr. Elrika Anastasia W.
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Cacar Air pada Anak

Meski bukan kondisi medis yang kritis, anak yang mengalami cacar air perlu dikarantina agar tidak Baca Selengkapnya...

Cacar Air Saat Hamil

Jika tertular cacar air pada awal kehamilan (terutama 13-20 minggu), bayi Anda berisiko mengalami Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan