Gambar alat pengukur kadar gula darah

Kamis, 09 Januari 2020

Cara Mudah Kontrol Gula Darah

Link Sehat - Gula darah menjadi ukuran penting bagi kesehatan Anda. Sebab jika kadarnya terlalu banyak di dalam tubuh, Anda berisiko tinggi mengalami diabetes.

Gula darah berasal dari makanan yang Anda makan atau dibuat oleh hati. Biasanya ditemukan di dua tempat, yakni dalam aliran darah karena dibawa ke semua organ dan sel kita, dan di dalam sel di mana ia diubah menjadi energi. Setiap makanan yang dipecah menjadi gula darah akan diubah menjadi energi untuk digunakan sebagai bahan bakar otak, jantung, dan otot.

Kadar gula darah normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa (gula darah puasa) adalah 70-110 mg/dL. Sedangkan kadar gula darah sewaktu (diperiksa tanpa puasa) yang normal antara 120-140 mg/dL pada dua jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.

Menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), seseorang dikatakan menderita diabetes jika kadar gula darah puasanya lebih dari 126 mg/dL dan pada tes sewaktu lebih dari 200 mg/dL.

Cara mengendalikan kadar gula darah

Menjaga kadar gula darah sesuai batas normal bukan hal yang mudah. Pasalnya, ada banyak hal (terutama gaya hidup) yang membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba. Namun, sulit bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya. Berikut ini cara kontrol gula darah yang normal:

1. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat adalah kunci hidup sehat, baik bagi penderita diabetes atau bukan. Hidup sehat juga bukan berarti Anda menghindari segala macam bentuk makanan, kecuali buah dan sayuran. Anda hanya perlu menjaga asupan makanan tetap seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

Yang perlu diingat adalah, Anda perlu membatasi asupan gula, garam, dan minyak dalam menu makanan Anda. Utamakan juga makanan yang kaya protein, rendah lemak, dan vitamin. Karbohidrat (seperti nasi dan roti) tetap harus dikonsumsi tetapi tidak boleh berlebihan. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan minum air putih.

Porsi makan juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan hingga menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas). Berikut ini tips untuk mengontrol porsi makan:

  • Perhatikan ukuran dan berat makanan
  • Gunakan piring yang lebih kecil
  • Makan secara perlahan
  • Makan sedikit tetapi sering

2. Olahraga teratur

Bukan rahasia lagi jika olahraga berdampak positif bagi tubuh, termasuk dalam menjaga kadar gula darah tetap normal. Olahraga membantu sel-sel di otot mengambil lebih banyak glukosa untuk mengubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan kadar gula darah.

Jika dilakukan secara teratur, setidaknya 30 menit per hari dengan total 150 menit per minggu, olahraga membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan mencegah terjadinya resistensi. Hal ini tentu baik bagi penderita diabetes.

3. Kendalikan stres

Stres tidak bisa dihindari, apalagi dengan banyaknya aktivitas dan tuntutan hidup. Maka itu, hal yang bisa Anda lakukan adalah mengendalikan stres.

Stres berlebihan bisa meningkatkan kadar glukosa akibat pelepasan hormon penyebab stres (disebut kortisol). Stres juga memicu siklus hormonal bagi banyak orang, sehingga membuat Anda ingin terus makan dan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengelola stres? Anda yang tahu jawabannya. Namun kebanyakan orang menghilangkan stres dengan bepergian, belanja, mendengarkan lagu, menulis, menari, membaca buku, serta bertemu kerabat, teman, atau pasangan.

4. Istirahat yang cukup

Sebanyak apapun aktivitas yang dijalani, Anda harus tetap meluangkan waktu untuk beristirahat. Salah satunya dengan tidur cukup pada malam hari. Bila memungkinkan, Anda tidur siang secara singkat (sekitar 15-30 menit) di sela-sela waktu istirahat bekerja atau aktivitas lain.

5. Rutin cek kadar gula darah

Tidak harus setiap hari, kecuali Anda mengalami prediabetes atau diabetes. Selain memantau kadar gula darah, cara ini juga bisa membantu Anda mengetahui respons tubuh terhadap makanan tertentu. Jika diketahui kadar gula darah cenderung naik, Anda bisa menyesuaikan asupan harian sekaligus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi dan ingin konsultasi dokter, jangan ragu untuk Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

American diabetes association. Understanding blood sugar and control.
Healthline
. (2016). 15 easy ways to lower blood sugar levels naturally.


Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Hidup dengan Diabetes?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup saat menderita diabetes. Baca Selengkapnya...

Merawat Orangtua dengan Diabetes

Anda harus terus berkonsultasi dengan dokter sebelum merencanakan perawatan diabetes yang dialami Baca Selengkapnya...