Cara Pakai Masker Double yang Efektif Cegah COVID-19

Rabu, 17 Maret 2021

Cara Pakai Masker Double yang Efektif Cegah COVID-19

Masker double spy dianggap efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19. Saat memilih masker, lihat seberapa pas masker tersebut di wajah Anda, kualitas penyaringan udara, dan jumlah lapisan yang tersedia. 

Penggunaan masker dengan cara yang benar dan konsisten merupakan langkah penting yang dapat dilakukan setiap orang untuk mencegah penyebaran COVID-19. Masker dapat bekerja dengan baik jika semua orang memakainya, tetapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama. Itulah mengapa penggunaan masker dobel diperlukan. 

Apa Itu Masker Double Spy?

Masker double atau masker dobel adalah saat Anda melapisi satu masker di atas jenis masker lainnya. Namun, jika masker Anda sudah memiliki beberapa lapisan dan sangat rapat, Anda tidak perlu menambahkan masker lagi.

Cara ini bisa menghadirkan dua keuntungan, yaitu:

Lebih pas di wajah

Banyak jenis masker yang tidak pas di wajah. Anda mungkin pernah merasakan udara keluar melalui sisi masker saat Anda menghirup dan menghembuskan napas.

Segel yang tidak sempurna ini tidak hanya memungkinkan tetesan pernapasan (droplets) yang mengandung virus keluar dari masker Anda, tetapi juga memungkinkannya masuk dan terhirup. Masker double dapat membantu mencegah hal ini terjadi.

Saat Anda mengenakan dua masker, masker di bagian luar dapat memberikan tekanan lembut ke tepi masker bagian dalam, sehingga masker bagian dalam lebih pas dengan kulit Anda dan membentuk segel yang lebih baik.

Peningkatan penyaringan

Virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 biasanya menyebar melalui tetesan pernapasan (droplets) dari seseorang yang tertular virus saat berbicara, batuk, atau bersin. 

Bahan di masker menyaring tetesan pernapasan yang mengandung virus sebelum terhirup oleh Anda. Lapisan masker membantu meningkatkan penyaringan. CDC merekomendasikan penggunaan masker wajah yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapisan kain.

Menambahkan masker kedua dapat lebih meningkatkan penyaringan. Ini karena masker double spy secara efektif menggandakan lapisan yang harus dilalui oleh droplets yang mengandung virus sebelum mengenai wajah dan mulut Anda.

Cara Menggunakan Masker Double

Masker dobel memiliki potensi manfaat yang bagus untuk mencegah penularan COVID-19. Jika Anda ingin menggunakannya, ikuti cara menggunakan masker dobel berikut ini. 

  • Gunakan kombinasi masker yang tepat. CDC merekomendasikan untuk melapisi masker kain di atas masker bedah.
  • Hindari kombinasi masker lainnya. Beberapa kombinasi masker mungkin tidak meningkatkan efektivitas atau mungkin membuat Anda sulit bernapas. Oleh karena itu, hindari kombinasi masker berikut ini: 1) Dua masker bedah, 2) Satu masker N95 dan jenis masker lainnya, dan 3) Satu masker KN95 dan jenis masker lainnya.
  • Cobalah masker dobel di rumah sebelum menggunakannya di tempat umum. Periksa hal-hal seperti: 1) Pastikan masker bagian luar membantu menekan masker bagian dalam di dekat wajah Anda, sehingga membentuk segel. Untuk melakukan ini, tutupi masker dengan tangan dan rasakan ada tidaknya udara keluar dari tepi saat Anda bernapas, 2) Meskipun bernapas mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra saat Anda menggunakan masker dobel, hal ini tidak akan membuat Anda sulit bernapas, dan 3) Pastikan masker dobel tidak menghalangi penglihatan Anda.
  • Jika Anda dapat menjaga jarak setidaknya 6 kaki (2 meter) dari orang lain di luar rumah, satu masker dapat memberikan perlindungan yang baik. Namun, masker dobel dapat bermanfaat jika Anda: 1) Pergi berbelanja, 2) Mengunjungi dokter, 3) Bepergian dengan orang lain di luar rumah Anda, seperti saat naik pesawat, kereta api, atau transportasi umum, dan 4) Melakukan pekerjaan di mana Anda tidak dapat menjaga jarak fisik.

Seberapa Efektif Masker Double Spy?

Penggunaan masker double direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di laman resminya untuk mengurangi paparan virus corona. Ada dua cara untuk melapisi masker, yaitu:

  • Gunakan masker kain yang memiliki banyak lapisan kain.
  • Gunakan masker sekali pakai di bawah masker kain. Masker kain harus mendorong bagian tepi masker sekali pakai ke wajah Anda.

Hasil simulasi batuk

Dalam simulasi batuk, peneliti mengevaluasi efektivitas masker kain saja, masker bedah saja, dan masker kain yang menutupi masker bedah. 

Para peneliti menemukan bahwa saat simulasi batuk, penggunaan masker double mampu memblokir 85,4% partikel aerosol. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan 51,4% untuk masker kain dan 56,1% untuk masker bedah.

Hasil simulasi pernapasan

Peneliti menemukan bahwa:

  • Ketika sumber memakai masker double spy dan penerima tidak, paparan aerosol dari penerima berkurang 82,2%.
  • Ketika penerima memakai masker double spy dan sumbernya tidak, paparan aerosol dari penerima berkurang 83%.
  • Ketika sumber dan penerima memakai masker double spy, paparan aerosol berkurang 96,4%.

Cara Lain untuk Meningkatkan Efektivitas Masker

Selain penggunaan masker double, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk membantu meningkatkan efektivitas masker. 

1. Mengutamakan jumlah lapisan

Beberapa lapisan maskes berfungsi untuk melindungi wajah dengan lebih baik dari droplets pernapasan yang mengandung virus. Saat memilih masker kain, pilihlah yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis kain.

2. Menambahkan filter ke masker kain

Beberapa masker kain dilengkapi dengan kantung di dalamnya untuk menempatkan bahan filter. Anda juga bisa mempelajari cara membuat masker dari kain dengan kantong filter pada halaman website https://www.healthline.com/health/how-to-make-a-face-mask-with-filter#sewing-instructions.

3. Pilih masker dengan kawat hidung

Cari masker dengan kawat yang terletak di bagian atas. Kawat ini berfungsi agar masker bisa ditekuk dan lebih pas di hidung Anda. Menggunakan masker dengan kawat hidung juga dapat mencegah kacamata berkabut yang dapat menghalangi penglihatan Anda.

4. Simpul masker dan selipkan bahan tambahan

Metode ini dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran masker bedah. Lakukan dengan mengikat simpul telinga dan dengan hati-hati menyelipkan bahan tambahan. 

5. Gunakan penjepit masker

Penjepit masker adalah alat yang terbuat dari bahan elastis. Ini digunakan pada masker bedah untuk membantu mencegah udara keluar dari bagian atas dan samping masker. Anda dapat membuat penyangga masker sederhana dengan tiga karet gelang.

Cara Lain untuk Mencegah Penyebaran COVID-19

Selain memakai masker dobel, penting juga untuk mengambil langkah tambahan guna mencegah penyebaran virus corona baru. Cara ini termasuk:

  • Sering mencuci tangan pakai sabun dan air bersih, terutama setelah berada di tempat umum, setelah batuk, atau setelah bersin. Gunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.
  • Menerapkan physical distancing dengan memberi jarak setidaknya 6 kaki atau 2 meter dari orang yang tidak tinggal serumah. 
  • Menghindari area tertentu, seperti area yang atau area dengan ventilasi yang minim.
  • Disinfeksi permukaan yang sering disentuh secara teratur di rumah Anda, seperti kenop pintu, meja dapur, dan saklar lampu. 
  • Jika Anda mengalami salah satu gejala COVID-19, pastikan untuk menjalani tes dan menjalankan isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes.

Ikuti cara pakai masker double spy di atas yang efektif mencegah penyebaran COVID-19. Jika Anda atau keluarga memiliki gejala COVID-19, segera hubungi penyedia layanan kesehatan melalui aplikasi Link Sehat untuk melakukan tes dan pemeriksaan lebih lanjut. 

Aplikasi LinkSehat memungkinkan Anda melakukan konsultasi online (telekonsultasi) dengan dokter di dalam dan luar negeri kapan pun Anda membutuhkannya. Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Cegah Coronavirus, Pakai Masker Bedah atau N95?

Untuk mencegah infeksi coronavirus, masyarakat dianjurkan untuk memakai masker saat beraktivitas di Baca Selengkapnya...

Haruskah Penderita Asma Memakai Masker saat Pandemi?

Beberapa penderita penyakit asma mengatakan bahwa masker atau penutup wajah lainnya dapat membuat Baca Selengkapnya...

Apa Itu Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker & Pencegahannya

Penggunaan masker selama pandemi COVID-19 sangat penting, tapi dapat menyebabkan masalah kulit.