Seorang wanita sedang menutup mulutnya karena keluhan bau mulut

Kamis, 23 April 2020

Cegah Bau Mulut Saat Puasa dengan 5 Cara Ini

Link Sehat - Bau mulut merupakan keluhan umum saat puasa. Meski tampak sepele, bau mulut ternyata bisa memengaruhi rasa percaya diri, terutama saat berbicara dengan orang lain. Tapi, kenapa ya bau mulut sering terjadi saat puasa? Bisakah kondisi ini dicegah? Baca info selengkapnya di sini.

Penyebab bau mulut saat puasa

Saat puasa, Anda tidak makan dan minum selama hampir 12 jam. Tidak adanya makanan yang dikonsumsi membuat produksi air liur berkurang, yang seharusnya berfungsi untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan penyebab bau mulut. Air liur juga mengandung suatu enzim yang dapat melawan bakteri di mulut.

Berkurangnya air liur inilah yang menyebabkan mulut kering hingga timbul bau mulut. Selain itu, bau mulut juga bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi saat sahur, seperti bawang putih, bawang bombay, dan makanan beraroma kurang sedap lainnya.

Tips cegah bau mulut saat puasa

Tenang saja, meski sering terjadi, bau mulut saat puasa sebenarnya bisa dicegah. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa:


1. Rajin menyikat gigi dan lidah

Sikat gigi idealnya dilakukan dua kali sehari. Saat puasa, Anda bisa melakukannya setelah sahur dan sebelum tidur di malam hari. Pastikan untuk menyikat gigi secara menyeluruh (termasuk sela-sela gigi) agar tidak ada sisa-sisa makanan yang menempel. Jika perlu, gunakan juga dental floss untuk membantu membersihkan sela-sela gigi. Jangan lupa juga untuk membersihkan lidah dengan menyikatnya secara halus.


2. Gunakan obat kumur

Obat kumur bisa Anda gunakan untuk membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Pilih obat kumur yang bebas alkohol agar mulut tidak kering setelah menggunakannya.


3. Minum air putih, perbanyak konsumsi buah dan sayur

Tentu saja. Selain mencegah dehidrasi, air putih juga bisa mencegah bau mulut dengan meningkatkan produksi air liur. Saat puasa, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air, vitamin, dan mineral. Pilihan buah untuk dikonsumsi saat sahur/berbuka, antara lain: apel, pir, jeruk, dan melon.


4. Hindari makanan beraroma tidak sedap

Misalnya, bawang putih dan bawang bombay. Atau jika Anda ingin mengonsumsi makanan tersebut, jangan lupa untuk segera menyikat gigi dan lidah setelahnya, ya.


5. Tidak merokok

Bagi perokok aktif, anjuran ini tentu menyulitkan. Merokok bukan hanya menyebabkan bau mulut, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berpotensi mengganggu kelancaran berpuasa.

Jika Anda mengalami keluhan sakit saat puasa dan/atau mengalami gejala mirip COVID-19 (batuk, demam, sesak napas), segera konsultasi dengan dokter di aplikasi LinkSehat. Aplikasi bisa diunduh di sini.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Mayo Clinic. (2018). Diseases & Conditions. Bad Breath.
WebMD. (2016). Smoking and Oral Health.
WebMD. (2018). What Causes Bad Breath?.


Author Novi Sulistia Wati Novi Sulistia Wati
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Sistem Imun

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir menjalaninya di Baca Selengkapnya...

5 Tips Puasa Sehat Saat COVID-19

Situasi berpuasa sekarang berbeda, akan ada beberapa perubahan yang membuat Anda harus beradaptasi.

5 Keluhan Sakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Agar puasa Anda berjalan lancar, berikut ini beberapa keluhan sakit saat puasa yang sebenarnya bisa Baca Selengkapnya...