Seorang dokter sedang mempersiapkan pasien yang hendak menjalani pemeriksaan CT scan

Senin, 13 Juli 2020

CT Scan

Link Sehat - CT Scan atau computed tomography scan adalah alat pemeriksaan yang menggunakan gabungan sinar X-ray yang kuat, radiasi, dan komputer untuk menghasilkan gambaran organ, tulang, dan pembuluh darah di dalam tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat CT scan:

  • Mendeteksi masalah pada tulang dan sendi, seperti fraktur dan tumor
  • Mendeteksi perubahan/perkembangan kanker dan penyakit jantung
  • Memperlihatkan luka atau perdarahan dalam, seperti pada kasus kecelakaan lalu lintas
  • Melokalisasi tumor, gumpalan darah, kelebihan cairan atau infeksi
  • Membantu dokter dalam menentukan rencana pengobatan dan prosedur lanjutan seperti biopsi, operasi, dan terapi radiasi
  • Evaluasi keberhasilan pengobatan, seperti pasca kemoterapi atau radiasi

Bagaimana prosedur CT Scan dilakukan?

CT scan menggunakan tembakan sinar X-ray sempit yang akan mengelilingi satu bagian tubuh. Sinar ini menghasilkan serial gambar dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian, komputer menangkap informasi ini untuk menghasilan potongan gambar dua dimensi (2D). Prosedur ini diulang beberapa kali untuk menghasilkan sejumlah potongan gambar. Komputer kemudian menumpuk potongan-potongan gambar ini untuk menghasilkan gambaran detail dari organ, tulang, atau pembuluh darah.

Pada CT scan, substansi padat cenderung lebih mudah dilihat. Namun untuk menilai jaringan yang lunak atau berongga terkadang membutuhkan bantuan pewarnaan menggunakan material kontras. Material kontras terbuat dari iodine atau barium sulfat yang dapat menahan sinar X-ray dan menghasilkan gambar putih pada scan, menerangkan pembuluh darah, organ, dan struktur lain. Material kontras dapat diberikan melalui infus, oral, atau dubur (enema).

Setelah menjalani pemeriksaan CT Scan, Anda diminta untuk meminum banyak air untuk membantu ginjal mengeluarkan material kontras dari tubuh.

1. Sebelum CT scan

Dokter mungkin akan meminta Anda untuk tidak makan dan minum beberapa jam sebelum prosedur. Anda juga akan diminta untuk mengganti baju dengan pakaian khusus yang telah disiapkan, serta melepas semua objek logam (seperti perhiasan atau sabuk) yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Selanjutnya, Anda akan diminta berbaring dengan posisi yang sesuai pada meja pemeriksaan. Meja kemudian akan bergerak perlahan secara otomatis ke arah mesinscanner yang berbentuk seperti donat untuk pemindaian. Saat meja bergerak perlahan melewatiscanner, sinar X-ray akan mengelilingi tubuh Anda dan memancarkan gambar pada komputer.

2. Saat CT scan

Saat prosedur ini dilakukan, Anda mungkin akan mendengar suara bising atau berdengung. Hal ini merupakan hal yang wajar. Pastikan untuk tetap tenang dan tidak bergerak sama sekali saat berbaring, karena pergerakan sedikit saja dapat mengganggu hasil pemindaian. Teknisi atau dokter yang memeriksa akan meminta Anda untuk menahan nafas dengan singkat beberapa kali selama prosedur.

Durasi dari pemeriksaan bergantung pada berapa banyak bagian tubuh Anda yang akan diperiksa. Pemeriksaan ini dapat berlangsung beberapa menit sampai setengah jam. Namun Anda dapat pulang pada hari yang sama.

Adakah efek samping pemeriksaan CT Scan?

Beberapa orang takut untuk melakukan pemeriksan CT scan karena radiasi yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Perlu diketahui bahwa peluang terkena kanker dari pemeriksaan CT scan sangatlah kecil (sekitar 1:2000), sementara manfaat dari pemeriksaan ini lebih besar karena dapat membantu dokter menemukan masalah kesehatan yang Anda alami.

Beberapa orang dapat mengalami alergi sebagai efek samping dari material kontras yang digunakan. Namun, seringkali reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan pada kulit bersifat ringan. Sebaiknya sebelum pemeriksaan CT scan dilakukan, berkonsultasilah dengan dokter mengenai riwayat alergi terdapat obat-obatan, zat, atau makanan tertentu.

Beberapa penyakit seperti diabetes dan gangguan ginjal perlu diketahui oleh dokter sebelum prosedur dilakukan. Sebab meskipun jarang terjadi, material kontras dapat menyebabkan gangguan ginjal.

Jika Anda membutuhkan rekomendasi dokter/rumah sakit yang telah berpengalaman dalam menjalani pemeriksaan CT Scan,hubungiMedical Consultant kami via WhatsApp.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

WebMD. (2018). What is a CT scan?.
WebMD. Can CT scans lead to cancer?.


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Pentingnya Medical Check Up

Berbagai pemeriksaan fisik yang diperiksa melalui medical check up, antara lain.

Magnetic Resonance Imaging

MRI adalah prosedur diagnosis yang dilakukan dengan cara mengambil gambar detail organ menggunakan Baca Selengkapnya...