Penyakit A-Z

Kanker Laring

Kanker Laring

Kanker laring adalah pertumbuhan abnormal dari sel-sel yang membentuk laring.

Laring adalah salah satu bagian dari tenggorokan, berada di dasar lidah, dan terdapat pita suara yang dapat bergetar ketika udara melewatinya dan menghasilkan suara.

Gejala kanker laring

Gejala pada kanker laring, antara lain:

  • Perubahan suara menjadi parau atau serak yang menetap
  • Nyeri tenggorokan atau batuk yang tidak membaik setelah diobati
  • Gangguan atau nyeri menelan
  • Nyeri telinga
  • Benjolan di telinga atau tenggorokan.

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, segera berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Penyebab kanker laring

Penyebab pasti dari kanker laring belum diketahui dengan pasti. Namun, beberapa tindakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker laring, yaitu:

  • Perokok aktif maupun pasif
  • Mengonsumsi terlalu banyak alkohol
  • Kurang gizi
  • Terpapar zat kimia berbahaya dalam waktu lama

Diagnosis kanker laring

Dokter Anda akan melakukan wawancara mengenai kondisi Anda, serta melakukan pemeriksaan fisik, terutama pemeriksaan leher dan tenggorokan. Namun, ada beberapa pemeriksaan penunjang yang dilakukan untuk menegakkan diagnosis lebih lanjut, antara lain:

  • Biopsi, dokter Anda mengambil sedikit jaringan yang ada di laring Anda dan memeriksanya menggunakan mikroskop. Pada pemeriksaan ini, dokter Anda menggunakan bantuanlaryngoscope atau selang kecil dengan lampu dan lensa, yang dimasukkan melalui lubang hidung Anda. Tindakan ini dapat dilakukan saat kunjungan rawat jalan. Pemeriksaan ini berfungsi untuk menentukan stadium dari kanker laring.

  • CT Scan, MRI, PET scan, Bone Scan, X-Ray. Pemeriksaan-pemeriksaan ini berfungsi untuk melihat letak, ukuran tumo dan apakah sudah terjadi penyebaran kanker ke bagian tubuh yang lain.

Stadium kanker laring

Stadium adalah tahapan-tahapan yang dipakai untuk menentukan terapi yang sesuai pada kanker. Stadium yang dipakai pada kanker laring, meliputi:

  • Stadium 0. Sel-sel abnormal hanya ditemukan pada dinding laring. Stadium 0 dapat juga disebut dengancarcinoma in situ. Sel-sel abnormal ini dapat berkembang menjadi ganas atau kanker.
  • Stadium 1. Sel-sel kanker dapat mengenai daerah disekitar pita suara. Namun pita suara masih dapat berfungsi dengan normal.
  • Stadium 2. Sel-sel kanker menyebar ke bagian lidah dan daerah lain di sekitar pita suara. Mulai ada perubahan pada suara.
  • Stadium 3. Sel-sel kanker menyebar ke bagian yang lebih jauh dari laring, seperti pembuluh limfa, leher, dan paru-paru. Pita suara dapat terkena dan perubahan suara mulai lebih jelas.
  • Stadium 4. Sel-sel kanker lebih banyak menyebar ke bagian tubuh lain, seperti paru-paru, liver, dan tulang.

Pengobatan kanker laring

Pengobatan kanker laring sangat bergantung kepada stadium, ukuran, lokasi kanker, dan usia pasien. Dokter Anda akan menawarkan beberapa pilihan pengobatan berikut:

  • Radiasi, menggunakan sinar X Ray dengan tenaga tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi dapat dilakukan pada orang yang telah berhenti merokok sebelum mulai pengobatan.
  • Kemoterapi. Menggunakan obat-obatan yang diberikan melalui infus ataupun diminum untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker atau membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi memiliki banyak efek samping sehingga perlu konsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai terapi ini.
  • Operasi, merupakan pengobatan yang paling umum pada setiap stadium kanker laring. Setelah operasi, dokter Anda mungkin akan memberikan radiasi atau kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa dan tidak bisa diangkat.

Bisakah kanker laring sembuh total?

Kekambuhan kanker laring bergantung pada stadium kanker, lokasi dan ukuran tumor, serta usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan secara umum pasien. Pada kanker laring tahap lanjut, kanker dapat kambuh kembali sekitar 2-3 tahun pertama setelah pengobatan.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

National Cancer Institute. 2019. Laryngeal Cancer Treatment (Adult).
WebMD. 2019. What is laryngeal cancer?.


Author dr. Nathania Tjuwatja dr. Nathania Tjuwatja
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Kanker Esofagus

Kanker esofagus jarang menimbulkan gejala pada awal kemunculannya. Gejala baru muncul setelah kanker Baca Selengkapnya...

Berbagai Pilihan Pengobatan Kanker

Bersama dengan dokter, Anda dapat menimbang manfaat dan risiko dari setiap pilihan perawatan kanker.

Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di seluruh dunia. Semakin cepat kanker Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan