Penyakit A-Z

Kanker Tiroid

Kanker Tiroid

Link Sehat - Kanker tiroid adalah jenis kanker yang terjadi pada kelenjar tiroid, dikenal juga sebagai kelenjar gondok. Kelenjar gondok lokasinya berada di leher bagian depan agak bawah.

Gejala kanker tiroid

Gejala khas kanker tiroid berupa benjolan di leher bagian depan, suara serak, sulit menelan, muncul benjolan kecil di leher bagian samping, hingga nyeri leher. Sebaiknya segera temui dokter jika Anda menemukan benjolan di leher, apalagi disertai dengan gejala lainnya.

Penyebab kanker tiroid

Penyebab kanker tiroid belum diketahui secara pasti. Namun, perubahan DNA diduga menjadi pemicu pertumbuhan sel-sel kanker di kelenjar tiroid. Beberapa faktor yang juga diduga dapat meningkatkan risiko kanker tiroid, antara lain:

  • Riwayat keluarga dengan kanker tiroid
  • Pernah menjalani rontgen atau CT Scan pada bagian kepala hingga leher
  • Riwayat pernah mengalami pembesaran tiroid
  • Sering terpapar radiasi

Diagnosis kanker tiroid

Kanker tiroid didiagnosa melalui anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan hormon tiroid, USG, biopsi menggunakan jarum, CT scan, dan biopsi operasi.

Pengobatan kanker tiroid

Pengobatan kanker tiroid umumnya diobati dengan operasi, radiasi, kemoterapi, terapi tiroid dengan hormon, dan terapi target.

Kanker tiroid untuk pemeriksaan dan/atau diagnosis tidak memerlukan perawatan khusus di rumah sakit. Namun pada beberapa kasus, penderita kanker tiroid perlu menjalani rawat inap. Misalnya, saat kanker tiroid menyebabkan Anda sulit makan atau minum sehingga dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan lain-lain.

Bisakah kanker tiroid sembuh?

Kanker tiroid dapat diobati hingga sembuh total, meskipun Anda sudah berada di stadium yang lebih tinggi. Pengobatan kanker dapat disesuaikan dengan jenis dan stadium kanker. Secara umum, peluang kesembuhan kanker tiroid dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain:

  • Usia penderita saat didiagnosis kanker tiroid
  • Tipe kanker tiroid
  • Kondisi fisik penderita
  • Stadium kanker tiroid saat didiagnosis
  • Risiko kekambuhan kanker
  • Ada atau tidaknya kelainan kanker kelenjar hormon atau endokrin lain

Pencegahan kanker tiroid

Salah satu pencegahan kanker tiroid, terutama bagi Anda yang berisiko tinggi (memiliki keturunan kanker tiroid), adalah dengan pemeriksaan rutin berkala atau bahkan hingga tindakan operasi tiroid saat usia muda atau remaja. Cara lainnya adalah dengan menghindari faktor risiko yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel abnormal pada kelenjar tiroid.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.

Cancer. (2019). Thyroid cancer survival rates.
Endocrineweb
. (2019). Thyroid cancer.
Mayo Clinic. Patient care & health information. Diseases & conditions. Thyroid cancer.
NCBI. Cancer types. Thyroid cancer treatment.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Hipertiroid

Hipertiroid adalah kumpulan gejala yang muncul saat kelenjar tiroid tubuh memproduksi hormon tiroid Baca Selengkapnya...

Tiroidektomi, Operasi Pengangkatan Kelenjar Tiroid

Anda perlu menjalani tiroidektomi jika mengalami kanker tiroid, pembesaran kelenjar tiroid jinak, Baca Selengkapnya...

Berbagai Pilihan Pengobatan Kanker

Bersama dengan dokter, Anda dapat menimbang manfaat dan risiko dari setiap pilihan perawatan kanker.

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan