Konsultasi Dokter Online Jadi Pilihan Pasien dengan Kondisi Ini

Jumat, 11 Februari 2022

Konsultasi Dokter Online Jadi Pilihan Pasien dengan Kondisi Ini

LinkSehat - Konsultasi dokter online menjadi pilihan untuk pasien berobat dari rumah. Sayangnya, tidak semua penyakit dapat ditangani melalui konsultasi online, terutama masalah kesehatan yang memerlukan pemeriksaan dan penanganan langsung di fasilitas kesehatan.

Berikut alasan mengapa konsultasi online banyak digunakan dan tips agar sesi konsultasi online agar berlangsung efektif.

Kondisi yang Dapat Dikonsultasikan Secara Online

Berikut ini beberapa kondisi yang dapat dikonsultasikan secara online:

  • Ping Eye atau Konjungtivitis. Dokter dapat mendiagnosis infeksi menular ini dari jarak jauh.
  • Gejala pilek dan flu. Tetap di rumah untuk mencegah penyebaran penyakit kepada pasien lain. Dokter dapat meninjau gejala Anda secara online, terutama jika Anda dalam keadaan sehat.
  • Rambut rontok. Dokter dapat memeriksa kerontokan rambut Anda melalui video call atau foto.
  • Alergi. Dokter bisa memberi Anda panduan tentang apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki alergi, seperti mata gatal dan hidung meler.
  • Disfungsi ereksi. Layanan konsultasi online biasanya cukup untuk mendiagnosis dan mengobati gangguan umum ini.
  • Infeksi saluran kemih. Umumnya kondisi ini hanya membutuhkan obat antibiotik untuk dibersihkan. Dokter dapat memberikan resep melalui telepon.
  • Muntah dan diare. Anda bisa tetap berada di rumah dan melakukan konsultasi online dengan dokter secara online sebagai langkah awal untuk mengatasi gejala tersebut.
  • Infeksi kulit dan ruam. Banyak layanan konsultasi online yang memungkinkan Anda mengirim foto ke dokter, sehingga dokter dapat mengidentifikasi ruam, infeksi, dan masalah kulit Anda.
  • Infeksi sinus. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan secara online untuk membantu mengobati infeksi sinus Anda. 
  • Gangguan psikologis. Konsultasi online menjadi salah satu cara agar Anda dapat mengakses layanan kesehatan mental dengan mudah.
  • Gejala Covid ( Ringan dan OTG )
  • Kontrol Hipertensi/ Gula darah

Baca Juga: Panduan Tanya Dokter saat Cek Kesehatan Online

Berbagai Alasan Pasien Pilih Konsultasi Online

Era kenormalan baru telah terbentuk akibat pandemi Covid-19. Ini membuat Anda harus beradaptasi untuk melakukan berbagai hal secara berbeda, termasuk cara konsultasi dengan dokter.

Kabar baiknya, kecanggihan dan kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk mengakses layanan medis secara online guna meminimalkan risiko terpapar Covid-19. Sarana komunikasi dengan dokter pun jadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi masa kini.

Bagi orang yang tinggal di pedesaan dan perkotaan, konsultasi dokter online memberikan banyak keuntungan. Anda dapat langsung mengobrol dengan dokter dan bertanya melalui chat, call, dan video. Kapanpun dan dimanapun, Anda bisa mendapatkan nasihat medis profesional dalam waktu yang lebih singkat.

Untuk pasien yang tidak bisa bepergian karena harus dirawat di rumah dan butuh konsultasi dengan dokter secara berkala, layanan konsultasi online akan sangat memudahkan mereka.

Keunggulan Konsultasi Online Dibanding Tatap Muka

Konsultasi dokter online mempermudah Anda dalam mengakses layanan kesehatan tanpa perlu datang langsung ke rumah sakit. Berikut ini beberapa keunggulan konsultasi online dibanding konsultasi tatap muka:

1. Bisa Bebas Memilih Dokter

Layanan konsultasi dokter online memungkinkan Anda memilih dokter umum atau spesialis berdasarkan spesialisasi, lokasi praktik, dan lama praktik. Anda juga dapat melihat kisaran biaya yang dibutuhkan untuk satu kali sesi konsultasi. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan review terkait kinerja dokter saat melayani pasien saat konsultasi online maupun tatap muka. Ini dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum berkonsultasi dengan dokter.

2. Cek Jadwal Dokter

Pada konsultasi tatap muka, Anda mungkin harus menghubungi pihak faskes untuk mengetahui apakah dokter yang ingin dituju sedang praktek atau tidak. Mengunjungi situs resmi faskes bisa menjadi cara lain yang lebih mudah. Namun saat menggunakan platform konsultasi dokter online, Anda bisa mengecek jadwal dokter secara real time melalui aplikasi kesehatan, sehingga lebih mudah mengatur jadwal konsultasi online maupun tatap muka.

3. Waktu Konsultasi Fleksibel

Keunggulan konsultasi dokter online yang berikutnya adalah lebih fleksibel. Anda bisa buat janji konsultasi dokter online kapan saja Anda membutuhkannya. Jadwal dokter akan ditampilkan di aplikasi dan Anda bisa menentukan waktu konsultasi sesuai dengan kesediaan waktu Anda.

4. Hemat Waktu

Terkadang antrean panjang tidak dapat dihindari saat menunggu konsultasi tatap muka di faskes. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika Anda memilih konsultasi dokter online, sehingga Anda bisa menghemat waktu karena tidak harus melakukan perjalanan dan menunggu lama di rumah sakit. Anda cukup menunggu waktu konsultasi tiba dan membuka aplikasi untuk langsung berkomunikasi dengan dokter.

5. Resep Digital

Dokter akan memberikan resep setelah sesi konsultasi. Melalui konsultasi online Anda bisa mendapatkan resep dari dokter melalui fitur resep digital (e-resep) yang bisa Anda tebus di apotek terdekat. Beberapa aplikasi dokter online bahkan telah terintegrasi dengan layanan ojek online sehingga obat bisa diantarkan langsung ke rumah Anda.

6. Mengurangi Risiko Tertular Penyakit

Selalu ada kemungkinan tertular penyakit baru dari pasien lain saat Anda berada di rumah sakit. Dengan tetap berada di rumah, Anda mendapatkan perawatan yang dibutuhkan sekaligus menghindari risiko paparan penyakit dari pasien lain.

Baca Juga: Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Tips Agar Konsultasi Online Berlangsung Efektif

Buat sesi konsultasi online Anda dengan dokter berlangsung efektif guna mendapat penanganan terbaik dengan melakukan kiat-kiat berikut ini:

1. Tingkatkan kualitas gambar dan audio

Untuk meningkatkan kualitas gambar dan audio, pergilah ke tempat yang kondusif dan cukup pencahayaan. Matikan alat elektronik seperti radio, televisi, atau peralatan berisik lainnya agar dokter dapat mendengar suara Anda dengan jelas. Selain itu, pencahayaan yang ideal juga sangat penting bagi Anda yang ingin konsultasi penyakit kulit, karena dokter perlu melihat gejala yang muncul di permukaan kulit Anda.

2. Pastikan jaringan internet stabil

Jaringan internet yang stabil akan berpengaruh pada kualitas gambar dan audio. Jadi pastikan jaringan internet Anda stabil. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan dapat memahami apa saja yang disampaikan oleh dokter selama sesi konsultasi berlangsung.

3. Catat riwayat gejala dan obat-obatan yang dikonsumsi

Buat catatan tentang riwayat gejala yang Anda rasakan beserta daftar obat-obatan, vitamin, dan suplemen yang sedang Anda gunakan. Catatan ini akan membantu dokter mendiagnosis penyakit Anda. Informasi yang lengkap juga dapat mencegah Anda mendapat resep obat yang kontradiktif dengan obat-obatan yang sedang Anda gunakan saat ini.

4. Membuat daftar pertanyaan

Penting untuk proaktif selama sesi konsultasi agar tidak ada informasi yang terlewat. Tulis daftar pertanyaan yang ingin Anda ajukan saat sesi konsultasi untuk menghemat waktu dan mencegah Anda melupakan pertanyaan penting. Buatlah daftar pertanyaan yang relevan dan ringkas agar dokter tidak bingung saat memberi jawaban. 

5. Menyiapkan laporan medis terakhir

Jika dokter membutuhkan salah satu laporan medis Anda, bagikan laporan tersebut sebelum konsultasi online. Cara ini akan menghemat waktu konsultasi dan menghemat biaya tes ulang yang tidak perlu. Pastikan Anda menyiapkan laporan medis yang terbaru dan susun dokumen dengan rapi.

6. Lihat ringkasan konsultasi

Setelah sesi konsultasi berakhir, dokter akan memberikan ringkasan mengenai diagnosis awal dan pengobatan yang dibutuhkan untuk menangani gejala. Biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk konsultasi lanjutan (baik secara online atau tatap muka) apabila gejala terus berlangsung dan tidak membaik.

Ingin melakukan konsultasi online dengan dokter? Gunakan aplikasi LinkSehat untuk Konsultasi Sekarang atau Buat Janji temu dengan dokter lebih mudah. Download Sekarang.


Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Yoana Periskila, MKK dr. Yoana Periskila, MKK

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

7 Tips Konsultasi Dokter Online Efektif dan Efisien

Ikuti tips konsultasi dokter online di bawah ini agar konsultasi dokter online Anda lebih efektif Baca Selengkapnya...

Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Diantara konsultasi dokter online dan tatap muka, mana yang lebih aktif dilakukan?

Konsultasi Dokter Online Seputar COVID-19

Konsultasi dokter online lebih disarankan saat COVID-19. Ini alasannya.