Panduan Tanya Dokter saat Cek Kesehatan Online

Senin, 18 Oktober 2021

Panduan Tanya Dokter saat Cek Kesehatan Online

LinkSehat - Tanya dokter lewat konsultasi online sangat membantu pasien untuk tetap terhubung dengan dokter kapan pun dan di mana pun. Meski begitu, ada kemungkinan terjadi kendala teknis yang membuat sesi konsultasi menjadi kurang maksimal. Untuk mencegah hal tersebut, ikuti panduan tanya dokter saat cek kesehatan online di bawah ini. 

Alasan harus banyak tanya dokter saat konsultasi online

Teknologi memungkinkan Anda melakukan tanya dokter online dengan dokter lewat smartphone, PC, tablet, atau perangkat elektronik lainnya yang memiliki kamera dan mikrofon. Pilihan tanya dokter online menawarkan kemudahan saat Anda mencari perawatan medis. 

Dapatkan perhatian medis segera dengan memilih dokter berpengalaman yang tersedia untuk tanya dokter melalui konsultasi online. Dokter akan mendengar kekhawatiran Anda, memahami, mendiagnosis, dan menanggapi masalah kesehatan Anda dengan memberikan resep yang tepat. 

Supaya dokter dapat membuat diagnosis dan memberikan resep yang tepat, Anda perlu proaktif selama sesi konsultasi berlangsung. Sampaikan sejujurnya apa gejala yang sedang Anda alami dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan. Banyak bertanya saat konsultasi online akan membantu Anda mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait kondisi kesehatan Anda. 

Tanya dokter tentang kondisi kesehatan Anda

Jangan ragu mengajukan pertanyaan selama sesi pemeriksaan dengan dokter. Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci agar pengobatan berjalan lancar. Jika Anda tidak mengajukan pertanyaan, dokter mungkin menganggap Anda sudah paham dan tidak membutuhkan informasi lebih lanjut. 

Untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan, jangan tunggu sampai dokter mengajukan pertanyaan atau topik tertentu. Jadilah pasien yang proaktif dan jangan ragu mengajukan pertanyaan ketika masih ada hal yang belum dipahami. 

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada dokter sebelum tes, yaitu:

  • Pertanyaan yang diajukan sebelum tes
  • Kenapa Anda perlu menjalani tes?
  • Apa saja langkah-langkah tes tersebut?
  • Apa yang harus dipersiapkan sebelum tes?
  • Apakah ada bahaya atau efek samping setelah tes?
  • Bagaimana cara memahami hasil tes? 
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasilnya?

Pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada dokter seputar diagnosis Anda di antaranya:

  • Apa penyebab kondisi kesehatan Anda?
  • Apakah kondisi kesehatan yang sedang Anda alami bersifat permanen?
  • Bagaimana cara merawat kondisi kesehatan yang sedang Anda alami?
  • Apakah kondisi kesehatan yang Anda alami memiliki efek jangka panjang terhadap hidup Anda?
  • Bagaimana cara agar Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang kondisi kesehatan yang sedang Anda alami?

Tanya dokter soal obat yang harus Anda konsumsi

Dokter akan meresepkan obat untuk kondisi kesehatan Anda jika dibutuhkan. Pastikan Anda mengetahui semua nama obat dari dokter dan memahami mengapa obat tersebut diresepkan untuk Anda. Minta dokter untuk menuliskan seberapa sering dan seberapa lama Anda harus menggunakan obat tersebut. 

Sebaiknya buat catatan tentang instruksi khusus lainnya agar tidak ada yang terlewat. Jika Anda sedang menggunakan obat lain, pastikan Anda mengetahui apa efeknya jika digunakan secara bersamaan. Ini sebagai langkah untuk mencegah interaksi obat yang berbahaya. Anda juga dapat bertanya dengan apoteker sebelum membeli obat bebas. 

Beri tahu dokter jika obat yang sudah digunakan tampaknya tidak bekerja dengan baik atau menyebabkan masalah. Jika Anda ingin berhenti minum obat, periksakan ke dokter terlebih dahulu.

Baca Juga:

Tanya dokter mengenai pilihan pengobatan yang tepat

Tanya dokter akan membantu Anda dalam menentukan pilihan pengobatan yang tepat. Pastikan Anda memahami apa saja yang termasuk di dalam perawatan Anda. Minta dokter untuk memberikan petunjuk secara tertulis dan jangan ragu mengajukan pertanyaan. 

Jika dokter menyarankan perawatan yang membuat Anda tidak nyaman, tanyakan apakah ada perawatan lain yang mungkin ada peluang berhasil. Jika biaya menjadi pertimbangan Anda, tanya dokter apakah tersedia pilihan yang lebih murah. Dokter akan membantu Anda mengembangkan rencana perawatan sesuai kebutuhan kondisi Anda. 

Berikut ini beberapa hal yang perlu diingat saat menentukan pilihan perawatan:

  • Diskusikan pilihan pengobatan yang berbeda. Ada berbagai cara untuk mengelola kondisi kesehatan, terutama kondisi kronis seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Tanya dokter apa saja pilihan pengobatan Anda.
  • Diskusikan risiko dan manfaat dari masing-masing pengobatan yang Anda pilih. Tanyakan tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan pengobatan. Cari tahu apa efek samping yang mungkin terjadi, berapa lama pengobatan berlangsung, dan seberapa besar kemungkinan pengobatan akan berhasil untuk Anda.
  • Pertimbangkan bagaimana pengobatan dapat memengaruhi hidup Anda. Saat memikirkan kelebihan dan kekurangan dari suatu perawatan, jangan lupa untuk mempertimbangkan dampaknya terhadap kehidupan Anda secara keseluruhan. 

Tips mengingat anjuran dokter saat konsultasi online

Penting untuk mengingat apa saja anjuran dokter saat konsultasi online. Untuk mencegah ada hal penting yang terlewat selama sesi konsultasi, ikuti tips berikut ini:

1. Tulis pertanyaan Anda

Tips pertama untuk mengingat anjuran dokter saat konsultasi online yaitu membuat catatan. Tulis hal-hal penting yang disampaikan oleh dokter, seperti dosis, jadwal penggunaan obat, kemungkinan efek samping, dan sebagainya. 

Baik konsultasi dokter online maupun konsultasi dokter tatap muka, menuliskan pertanyaan sebelum sesi konsultasi adalah cara untuk memastikan Anda tidak melupakan apa pun. 

Jika Anda lupa menanyakan sesuatu saat berada di tempat praktik dokter, Anda dapat mampir kembali untuk mengajukan pertanyaan yang terlupakan. Namun, saat Anda konsultasi online, sambungan telepon akan putus dan sesi konsultasi selesai. Anda harus menelepon rumah sakit atau klinik, menunggu panggilan balik, atau menjadwalkan sesi konsultasi di lain waktu. 

2. Fokus selama konsultasi online

Sebaiknya pilih tempat yang sepi dan tidak berisik supaya Anda tetap fokus selama sesi konsultasi online. Saat berada di tempat umum, Anda mungkin akan menghadapi segala macam gangguan sehingga tidak bisa fokus pada hal-hal yang disampaikan dokter. Hal ini menyebabkan Anda tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

3. Tetap tenang 

Melakukan konsultasi online dengan dokter adalah cara untuk mendapatkan layanan kesehatan yang nyaman dan mudah diakses. Namun, ada kemungkinan terjadi kendala teknis yang membuat Anda frustrasi karena sesi konsultasi online tidak berjalan sesuai rencana. 

Misalnya, saat Anda berbicara dengan seseorang melalui video call, mungkin Anda kesulitan memahami isyarat kapan giliran Anda berbicara. Tetap tenang dan santai selama sesi konsultasi dapat mencegah hal tersebut. 

Jangan stres jika percakapan Anda tidak semulus yang diinginkan selama Anda bisa mengatakan apa yang perlu dikatakan. 

Ikuti panduan tanya dokter saat cek kesehatan online di atas. Tanya dokter online dengan fitur telemedicine membantu Anda dan banyak pasien lainnya dalam mengakses layanan kesehatan kapan pun dan di mana pun. Anda bisa menggunakan Aplikasi Dokter Online LinkSehat untuk tanya dokter umum dan spesialis kapan saja dan di mana saja. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Reviewed by dr. Agus Marvianto dr. Agus Marvianto

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Mengenal Telemedicine, Solusi Konsultasi Dokter Jarak Jauh

Selain konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa buat janji temu di Rumah Sakit dan mendapatkan resep Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...

Tanya Dokter untuk Konsultasi COVID-19: Dokter Umum atau Spesialis?

Tetap terhubung dengan dokter umum atau spesialis saat alami gejala COVID-19.

Hal yang Perlu Dilakukan saat Konsultasi Dokter

Konsultasi dokter rutin dapat membantu mendeteksi penyakit sejak dini, mencegah, dan mengobatinya Baca Selengkapnya...