Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan

Senin, 28 Juni 2021

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan dan Kecantikan

LinkSehat - Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang merupakan antioksidan ini juga membantu membentuk dan memelihara tulang, kulit, dan pembuluh darah.

Penuhi kadar kebutuhan vitamin C dari asupan makanan, seperti sayuran dan buah-buahan. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Mari pelajari lebih lanjut tentang manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Vitamin C menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan Anda, seperti:

1. Menjaga kesehatan tubuh

Kekurangan vitamin C kerap dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit yang berhubungan dengan stres. Pecandu alkohol, perokok, dan orang yang kegemukan akan kekurangan nutrisi ini. Vitamin C adalah nutrisi yang sensitif terhadap stres, sehingga mempertahankan kadar vitamin C sangat ideal untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

2. Mencegah pneumonia dan infeksi paru-paru

Vitamin C bukan obat untuk mengatasi flu, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mencegah komplikasi yang lebih serius. Mark Moyad, MD, MPH, seorang peneliti the University of Michigan, mengatakan ada bukti bahwa mengonsumsi vitamin C untuk pilek dan flu dapat mengurangi risiko komplikasi lebih lanjut, seperti pneumonia dan infeksi paru-paru. 

3. Mengurangi risiko stroke

Satu studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang memiliki konsentrasi vitamin C tinggi di dalam darah dikaitkan dengan risiko stroke 42% lebih rendah daripada orang yang memiliki konsentrasi terendah. Orang yang banyak makan buah dan sayur memiliki kadar vitamin C lebih tinggi di dalam darah. Selain itu orang yang banyak makan sayur dan buah juga akan mempunyai kandungan serat, vitamin, dan mineral lainnya yang tinggi dalam tubuh dan berfungsi untuk menjaga kesehatan.

4. Mencegah penuaan Kulit

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara asupan nutrisi dan penuaan kulit pada 4.025 wanita berusia 40 hingga 74 tahun. Ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih rendah dari munculnya keriput, kulit kering, dan penuaan kulit. 

Vitamin C memengaruhi sel-sel di dalam dan di luar tubuh. Sifat antioksidannya bermanfaat dalam mencegah penuaan kulit. Selain itu, perawatan topikal dengan Vitamin C juga dapat mengurangi kerutan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa vitamin C juga dapat memperbaiki atau mengurangi keparahan degenerasi makula, mengurangi peradangan, mengurangi risiko kanker, dan penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh sangat dibutuhkan di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Salah satu manfaat vitamin C yang paling terkenal adalah efek positifnya terhadap sistem kekebalan tubuh. 

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada November 2017 di Nutrients, ditemukan bahwa vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan dengan melindungi tubuh dari stres oksidatif, membantu membunuh mikroba, dan mengurangi potensi kerusakan jaringan. Kekurangan vitamin C telah terbukti meningkatkan tingkat infeksi. Vitamin C juga dapat membantu Anda sembuh lebih cepat dari penyakit tertentu. 

Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan 

Berikut ini manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit dan kecantikan:

1. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari

Kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat membantu mempertahankan diri dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Bukan berarti Anda dapat menggunakan serum vitamin C sebagai pengganti sunscreen.

Vitamin C tidak dapat menggantikan SPF, karena tidak menyerap sinar UVA atau UVB. Namun, jika sinar UV masuk ke kulit Anda, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meminimalisir kerusakan.

2. Menyamarkan bintik hitam

Produk perawatan kulit berbasis vitamin C dapat meringankan bercak hitam yang disebut hiperpigmentasi. Dalam sebuah penelitian, vitamin C yang dioleskan ke kulit selama 16 minggu secara signifikan dapat menyamarkan bintik hitam. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikan seberapa baik krim vitamin C bekerja.

3. Membantu menghaluskan keriput

Vitamin C banyak terkandung di produk anti-aging. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi munculnya kerutan saat Anda menggunakannya setidaknya selama 12 minggu. 

Diet sehat yang tinggi nutrisi ini juga dapat membantu menghaluskan keriput. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak vitamin C memiliki lebih sedikit kerutan.

4. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen terdapat di kulit Anda secara alami dan berguna untuk membantu menjaga kulit agar tidak kendur. Namun, tubuh Anda memperlambat produksi kolagen seiring bertambahnya usia. Vitamin C yang dioleskan ke permukaan kulit dapat mendorong produksi kolagen baru untuk tumbuh. Ini juga membantu menjaga kolagen yang Anda miliki dan melindungi protein berharga ini dari kerusakan. 

5. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa mengonsumsi suplemen, mendapatkan lebih banyak nutrisi dalam makanan, atau mengoleskannya ke permukaan kulit Anda. Semua bentuk vitamin C dapat membantu menutup luka terbuka. Nutrisi ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang diperlukan untuk mengobati luka.

Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan?

Dilansir dalam WebMD, Moyad menyarankan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram sehari, selain makan lima porsi buah dan sayuran. Hentikan konsumsi vitamin C jika mengiritasi perut Anda. Sebab itu direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin  C dalam bentuk yang tidak bersifat asam. 

Mengonsumsi 500 miligram vitamin C setiap hari telah terbukti aman. Sedangkan batas aman untuk vitamin C adalah 2.000 miligram per hari.

Juru bicara American Dietetic Association Dee Sandquist, RD, menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda sebelum mengonsumsi suplemen.

Cara Memakai Serum Vitamin C

Umumnya, vitamin C yang diaplikasikan ke kulit dapat ditoleransi dengan baik. Semua produk kulit berpotensi menyebabkan efek samping. Sebaiknya lakukan tes sebelum diaplikasikan di wajah untuk melihat adanya risiko reaksi alergi. 

Ikuti cara memakai serum vitamin C berikut ini:

  • Pilih area kulit yang mudah disembunyikan, seperti bagian lengan bawah.
  • Oleskan sedikit produk serum vitamin C di sana dan tunggu reaksinya selama 24 jam.
  • Jika tidak muncul efek samping, Anda bisa mengaplikasikan serum vitamin C tersebut ke wajah. Hentikan penggunaan jika Anda mengalami ruam, kemerahan, atau gatal-gatal.
  • Saat sudah siap untuk mengaplikasikan di wajah, ikuti petunjuk yang tertera di kemasan produk.
  • Serum vitamin C biasanya dioleskan sekali atau dua kali sehari. Aturan praktis yang baik adalah membersihkan, mengencangkan, mengoleskan serum vitamin C, dan kemudian melembabkan.
  • Serum vitamin C dapat digunakan dengan aman bersama dengan bahan aktif lainnya, meskipun penggunaan bersama niacinamide dapat membuat vitamin C bekerja kurang efektif.

Banyak sekali manfaat vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan. Sebab itu, perbanyak asupan vitamin C dari makanan seperti sayur dan buah-buahan, suplemen, atau serum yang bisa diaplikasikan langsung ke permukaan kulit.

Jika Anda ingin menambahkan asupan vitamin C ke dalam menu makanan harian Anda, sebaiknya Konsultasi Dokter Online dengan dokter spesialis gizi melalui aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

  • https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/scientific-health-benefits-of-vitamin-c/ 
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits 
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352 
  • https://www.webmd.com/diet/features/the-benefits-of-vitamin-c 
  • https://www.webmd.com/beauty/ss/slideshow-benefits-of-vitamin-c-for-skin 



Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

7 Cara Mudah Hidup Sehat

Anjuran hidup sehat dikenal dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Baca Selengkapnya...

5 Manfaat Vitamin D

Orang yang kekurangan vitamin D berisiko memiliki kelainan bentuk tulang, seperti rakitis pada Baca Selengkapnya...