Mau Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya

Sabtu, 02 Mei 2020

Mau Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya

Link Sehat - Olahraga penting dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, termasuk saat puasa. Namun tentu saja, saat puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak kehausan dan justru merasa lapar setelahnya.

Manfaat olahraga saat puasa, diantaranya dapat meningkatkan sistem imun, membantu mengendalikan dan menurunkan berat badan, serta mengurangi stres dengan merangsang produksi hormon endorfin (dikenal dengan hormon bahagia).

Tips olahraga saat puasa

Jika Anda ingin berolahraga saat puasa, berikut ini tips yang bisa dilakukan:

1. Waktu Olahraga

Olahraga saat puasa tidak bisa dilakukan kapan saja karena mempertimbangkan kondisi tubuh Anda yang tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Jika Anda ingin berolahraga saat puasa, sebaiknya lakukan 30-60 menit menjelang waktu berbuka atau setelah berbuka puasa saat tubuh Anda berenergi kembali.

2. Jenis olahraga

Sebaiknya saat puasa, Anda melakukan olahraga yang ringan sampai sedang agar tidak memberatkan fisik. Mengingat saat ini masih dalam pandemi COVID-19, Anda bisa memilih jenis olahraga ringan/sedang yang bisa dilakukan di rumah saja. Misalnya, lompat tali, naik turun tangga, planking, push up, sit up, squat, yoga, senam aerobik, jalan/lari di tempat, dan skipping.

3. Perhatikan gaya hidup

Ini termasuk asupan makanan, minuman, dan pola tidur. Ketiganya berpengaruh pada kondisi tubuh saat berpuasa. Maka itu, Anda disarankan untuk menjaga asupan makan (pilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang), perbanyak asupan cairan (minum setidaknya 8 gelas per hari), dan tidur cukup (minimal 7 jam per hari).

Dengan begitu, Anda bisa berpuasa dengan lancar dan terhindar dari rasa haus berlebihan (dehidrasi), lapar, dan tubuh lemas. Kondisi tubuh yang optimal juga memungkinkan Anda untuk bisa berolahraga saat puasa.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga agar otot tidak tegang/kram. Segera hentikan olahraga yang Anda lakukan jika tiba-tiba merasa lemah, pusing, mual, atau gejala lain. Apabila Anda punya keluhan saat puasa (misalnya, tubuh selalu lemas), jangan ragu untuk Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Livestrong. 2019. Should I Exercise While Fasting?.
Healthline. 2018. How to Exercise Safely During Intermittent Fasting.


Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Sistem Imun

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir menjalaninya di Baca Selengkapnya...

5 Tips Puasa Sehat Saat COVID-19

Situasi berpuasa sekarang berbeda, akan ada beberapa perubahan yang membuat Anda harus beradaptasi.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Puasa?

Buat Anda yang penasaran, berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada organ tubuh selama puasa.