10 Minyak Esensial untuk Batuk Pilek dan Cara Menggunakannya

Jumat, 04 Desember 2020

10 Minyak Esensial untuk Batuk Pilek dan Cara Menggunakannya

LinkSehat - Beberapa minyak esensial mampu membantu meredakan gejala batuk pilek. Mengoleskan minyak esensial dapat menenangkan tenggorokan, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan.

Umumnya, minyak esensial digunakan sebagai aromaterapi dengan menghirup aroma minyak untuk merangsang tubuh Anda. Minyak tersebut juga bisa dioleskan ke tubuh Anda.

Minyak esensial diekstraksi dari tanaman alami yang bisa digunakan sebagai terapi alternatif jika Anda memilihnya untuk meredakan gejala yang berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu.

Terlepas dari manfaat minyak esensial untuk batuk pilek, sebaiknya hubungi dokter melalui aplikasi LinkSehat untuk mengatasi batuk serius atau jika Anda memiliki kondisi kesehatan lainnya.

Minyak Esensial untuk Batuk Pilek

Batuk bisa disebabkan oleh banyak faktor, sepertiflu atau infeksi dada. Minyak esensial dapat membantu meredakan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir. Bagi Anda yang ingin menggunakan minyak esensial untuk batuk pilek, berikut ini daftar rekomendasinya.

1. Minyak Esensial Kayu Putih

Eucalyptus essential oil atau minyak esensial kayu putih sering digunakan untuk meredakan batuk pilek. Obat yang dijual bebas atau obat gosok dada yang dipasarkan untuk meredakan batuk biasanya mengandung minyak kayu putih.

Sebuah penelitian diNational Center for Biotechnology Information, menunjukkan bahwa penggunaan minyak esensial kayu putih yang dihirup uapnya dapat memberikan manfaat baik untuk masalah pernapasan purulen dan non-purulen, seperti bronkitisasma, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Minyak esensial kayu putih dapat digunakan untuk meredakan batuk pilek dengan beberapa cara. Anda bisa mencoba dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam 1 onscarrier oildan mengoleskan campuran tersebut ke dada dan tenggorokan. Mengencerkan minyak kayu putih di dalam air mendidih dan menghirup uapnya juga bisa Anda coba.

2. Minyak Esensial Kayu Manis

Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, kayu manis juga digunakan untuk membantu mengatasi bronkitis.

Sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa kayu manis dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengontrol tekanan darah, pertumbuhan tumor, diabetes, Alzheimer, dan penyakit Parkinson’s. Kayu manis terdiri dari komposisi nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif, sepertipolyphenolsdancinnamaldehyde.

Minyak esensial kayu manis dapat bekerja melawan perkembangan bakteri. Coba gunakandiffuseruntuk menyebarkan uap minyak esensial kayu manis ke udara atau menghirup beberapa tetes minyak yang diencerkan dalam semangkuk air panas.

3. Minyak Esensial Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Tanaman ini mengandungcineoleseperti kayu putih untuk memecah lendir dan mengurangi peradangan. Rosemary bermanfaat untuk merelaksasi otot di trakea dan melegakan pernapasan.

Minyak esensial rosemary juga dikatakan mampu membantu pengobatan asma. Biasanya rosemary sering dicampur dengancarrier oildan campurannya dioleskan ke kulit.

Seperti minyak esensial kayu manis, cobalah menghirup minyak rosemary encer untuk meredakan batuk pilek.

4. Minyak Esensial Peppermint

Minyak esensial untuk batuk pilek yang berikutnya adalahpeppermint yang banyak digunakan di dalam produk perawatan alami untuk pernapasan.Mentholadalah ekstrakpeppermint. Saat dihirup,menthol menciptakan sensasi dingin yang dapat meredakan tenggorokan yang gatal.

Penelitian diNational Center for Biotechnology Informationmenunjukkan hasil bahwa minyak esensialpeppermintberpengaruh pada performa olahraga, tekanan darah, dan fungsi pernapasan pada remaja putra. Minyak esensialpeppermintjuga berguna untuk relaksasi otot polos bronkus, meningkatkan konsentrasi oksigen di otak, dan menurunkan kadar laktat di dalam darah. Namun penggunaannya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Minyak esensial peppermint dapat digunakan dengan cara diencerkan di dalam air mendidih dan kemudian hirup uapnya, menambahkan minyak kediffuser,ataudicampur dengan minyak oles.

Minyak esensialpeppermintmungkin tidak dianjurkan digunakan oleh anak-anak di bawah usia 8 tahun atau orang yang sedang hamil.

5. Minyak Esensial Pala

Minyak esensial pala dipercaya mampu meredakan gangguan pernapasan. Coba tambahkan minyak esensial pala ke dalamdiffuseruntuk melihat apakah bisa membantu mengatasi batuk pilek. Pala membantu mengeluarkan dahak (ekspektoran).

6.Minyak Esensial Oregano

Minyak esensial oregano mengandung senyawa kuat yang disebutcarvacrol. Sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwacarvacrolmemiliki antioksidan dan mampu menghambat perkembangan bakteri patogen bawaan. Selain itu, senyawa ini disebutkan mempunyai banyak dampak positif bagi tubuh.

Oleh karena itu, minyak esensial oregano dapat membantu mengobati virus atau bakteri penyebab batuk.

7. Minyak Esensial Geranium

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan diComplementary Medicine Research, minyak esensial geranium dapat mengurangi frekuensi dan gejala batuk. Pelargonium sidoides dapat direkomendasikan sebagai tambahan untuk pengobatan tradisional. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pengobatan herbal lainnya. Minyak esensial geranium mengeluarkan aroma bunga yang menyegarkan. Anda mungkin ingin menambahkannya kediffuseratau campuran saat mandi air hangat.

8. Minyak Esensial Lavender

Batuk mungkin menunjukkan gejala asma. Gunakan minyak esensial lavender untuk membantu mengatasi gejala asma Anda. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak esensial lavender memiliki efek anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan gejala asma bronkial.

Anda bisa menggunakan minyak esensial lavender dengan cara menghirup uapnya, mencampurkan ke dalamdiffuser, digunakan dalam bentuk encer, atau dicampurkan ke dalambathtubberisi air hangat untuk merasakan khasiatnya.

9. Minyak Esensial Tea Tree

Minyak esensial untuk batuk pilek yang bisa Anda coba berikutnya adalah minyak esensialtea tree (Melaleuca). Jenis minyak esensial ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi sinus dan masalah pernapasan.

Dauntea tree yang dihancurkan kemudian digunakan oleh suku Aborigin Australia untuk mengobati batuk pilek.

10. Minyak Esensial Thyme

Thymeatau timi juga bisa digunakan sebagai minyak esensial untuk batuk pilek. Minyak esensialthymejuga mengandung banyakcarvacrol. Ini mungkin dapat membantu dalam menghilangkan atau melindungi diri dari serangan virus dan bakteri.

Cara Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial dapat digunakan dengan berbagai macam cara. Minyak yang masih dalam bentuk murni sangat kuat dan umumnya membutuhkan beberapa jenis pengenceran sebelum digunakan.

Jangan mengoleskan minyak esensial langsung ke permukaan kulit. Anda bisa mencampurnya dengancarrier oilterlebih dahulu. Biasanya jumlah minyak esensial yang digunakan sekitar 3 hingga 5 tetes dalamcarrier oilseperti almond, minyak zaitun, atau minyak kelapa.

Anda juga bisa mencampurkan minyak esensial ke dalamdiffuser, wadah berisi air panas, ataubathtubsaat mandi air hangat. Mungkin Anda ingin menghirup minyak esensial langsung dari botolnya. Ini boleh dilakukan, tetapi hanya untuk waktu yang singkat. Pilih cara menggunakan minyak esensial yang paling nyaman untuk Anda.

Itu dia rekomendasi minyak esensial untuk batuk pilek. Perlu diperhatikan bahwa minyak esensial ini tidak menggantikan obat-obatan. Jika kondisi batuk pilek semakin parah, segera hubungi dokter spesialis paru di dalam atau luar negeri melalui aplikasi LinkSehat.

Dengan aplikasi LinkSehat, Anda lebih mudah mengakses layanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19 salah satunya Konsultasi Dokter OnlineDownload sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by Tim LinkSehat Tim LinkSehat

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Batuk Pilek

Batuk pilek termasuk infeksi virus yang ringan dan dapat sembuh sendiri. Untuk mempercepat Baca Selengkapnya...

Mengenal Jenis Batuk dan Cara Penanganannya

Sebelum Covid-19 muncul, batuk merupakan keluhan umum yang sering dianggap sepele.

Batuk Rejan

Batuk rejan dapat menyebar dengan mudah, tetapi pemberian vaksin DTP (difteri, tetanus, dan Baca Selengkapnya...