12 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong

Jumat, 27 November 2020

12 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong

Hidup sehat bisa dimulai dari mengonsumsi menu makanan sehat. Ini termasuk sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan makanan lainnya yang berserat tinggi. Namun, tidak semua makanan sehat bisa dimakan saat perut dalam keadaan kosong. Ada berbagai macam masalah pencernaan yang mengintai Anda, seperti heartburn, asam lambung, hinggagastroesophageal reflux disease(GERD)

Demi mencegah hal tersebut, berikut 12 makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk menyusun menu makanan sehat sehari-hari, terutama jika Anda ingin menjalani program diet.

1. Yogurt

Yogurt yang dicampur dengan buah-buahan adalah menu sarapan sehat dan mampu membantu menurunkan berat badan. Namun saat memilih yogurt, pastikan Anda mengecek label kemasan karena beberapa produk yogurt mengandung gula tambahan.

2. Oatmeal Instan

Makanan yang tidak boleh dimakan saat perut kosong yaituoatmeal. Banyak orang memilihoatmeal sebagai menu sarapan sehat, karena kaya akan serat yang diperlukan tubuh, vitamin, protein, dan tidak mengandung gluten. Namun, produkoatmeal instan yang dijual di pasaran mengandung banyak gula tambahan, garam, dan pewarna buatan,

Jika Anda tidak sempat menyiapkanoatmealbiasa, pilih sajaoatmealinstan tanpa pemanis sebagai alternatif lain. Tak lupa perhatikan juga kandungan seratnya supaya kenyang lebih lama.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tapi memakannya saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Sayuran hijau juga dapat menyebabkan perut bergas, kembung, dan masalah perut lainnya. Ini bisa terjadi akibat serat yang terkandung di sebagian besar sayuran hijau tidak bisa larut.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, sebaiknya hindari makan sayuran hijau saat perut kosong.

4. Tomat

Merupakan buah yang kaya akan vitamin, rendah kalori, dan bergizi. Namun, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi tomat saat perut kosong, karena dapat menyebabkan masalah perut yang membuat Anda tidak nyaman. Serupa dengan beberapa sayuran hijau, tomat mengandung zat terlarut yang akan bereaksi dengan asam lambung.

Tomat mengandung banyak nutrisi seperti likopen, tapi tomat yang bersifat asam cenderung menyebabkan mulas bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, terutama penderita asam lambung atau GERD.

5. Jeruk

Makan buah jeruk saat perut kosong harus dihindari jika Anda mengidap diabetes atau memiliki perut sensitif. Buah-buahan yang bersifat asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali berisiko menyebabkan iritasi,heartburn, dan masalah lambung lainnya.

Selain itu, buah-buahan yang berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar gula yang berdampak buruk bagi penderita diabetes. Jika ingin menjaga kesehatan pencernaan, sebaiknya tambahkan kacang kenari ke dalam menu sarapan Anda.

6. Pisang

Saat ini ada yang namanya diet pisang, di mana Anda hanya boleh makan satu atau lebih pisang untuk sarapan dan tidak ada menu makanan lainnya. Padahal sebaiknya jangan makan pisang saat perut kosong. Benar bahwa pisang kaya akan serat, kalium, dan magnesium, tetapi bersifat asam dan tinggi gula.

Makan makanan asam saat perut kosong dapat menyebabkan masalah pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsi gula di pagi hari dapat membuat Anda mengantuk dan kehabisan energi setelah beberapa jam. Atasi masalah tersebut dengan mengombinasikan pisang dan makanan lain sebagai menu makanan Anda.

7. Pir

Umumnya, pir dijadikan sebagai camilan sehat di waktu senggang. Buah pir kaya akan vitamin, kalium, dan rendah kalori. Akan tetapi, disarankan tidak makan buah pir untuk sarapan, karena perut masih dalam keadaan kosong. Buah pir mengandung serat kasar yang berisiko merusak selaput lendir halus di lambung jika Anda dimakan saat perut masih kosong. Ini sangat berlaku untuk buah pir yang keras, tapi bukan berarti Anda tidak boleh makan pir sama sekali.

8. Sereal

Semangkuk sereal sangat enak disantap saat sarapan pagi. Namun, jumlah gula dan karbohidrat olahannya yang tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meski Anda merasa kenyang setelah makan sereal, tetapi sereal akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Lalu beberapa jam kemudian saat gula darah turun, Anda mulai lapar lagi dan tergoda untuk makan camilan.

Sebuah penelitian diNews Bureau University of Missouri, menemukan bahwa menu sarapan yang kaya protein memberi rasa kenyang daripada orang yang mengonsumsi camilan tinggi lemak atau tinggi gula. Ini menunjukkan bahwa makan sarapan kaya protein dapat dijadikan sebagai strategi untuk mencegah makan berlebihan dan meningkatkan kualitas diet dengan mengganti camilan tidak sehat dengan menu sarapan berkualitas tinggi.

9. Makanan Pedas

Makan makanan yang kaya akan rempah-rempah dan cabai saat perut kosong dapat mengiritasi lapisan lambung yang nantinya berdampak pada reaksi asam dan sensasi kram perut. Makanan pedas bersifat menyengat dan memicu gangguan pencernaan.

10. Minuman Dingin

Apa pun jenis minumannya, jika diminum saat masih dingin dapat menyebabkan iritasi lambung dan usus. Perhatikan juga minuman berkarbonasi yang dingin, karena dapat menyebabkan kembung dan perut tidak nyaman. Sebaiknya minum segelas air hangat di pagi hari sebelum sarapan, karena dapat meningkatkan fungsi pencernaan, sirkulasi, dan membantu menurunkan berat badan.

11. Smoothie

Menyantapsmoothiesaat sarapan akan lebih baik jika diimbangi dengan makanan lain.Smoothie mungkin terlalu rendah kalori dan protein, karena hanya mengandung karbohidrat. Atasi masalah ini dengan menambahkan gula ke dalamsmoothie Anda. Temukan cara lain untuk menambah protein dan lemak ke dalamnya, seperti yogurt atau alpukat. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menyantapsmoothie bersama telur orak-arik yang disajikan terpisah. Jadikan sarapan Anda lebih berkualitas dan kenyang lebih lama.

12. Kopi

Memulai hari dengan secangkir kopi sudah menjadi ritual banyak orang. Ini dianggap sebagai cara termudah agar tidak mudah lelah dan mengantuk saat beraktivitas sepanjang hari. Akan tetapi minum kopi saat perut masih kosong dapat memicu asam lambung dan merangsang sekresi asam klorida di dalam sistem pencernaan yang memicu gastritis pada beberapa orang.

Jika punya pertanyaan lebih lanjut atau masalah pencernaan, lakukan konsultasi dokter online dengan spesialis gastroenterologi di dalam dan luar negeri melalui aplikasi LinkSehat. Buat janji konsultasi online di aplikasi LinkSehat, download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Author Tim LinkSehat Tim LinkSehat
Reviewed by dr. Edwin Jonathan dr. Edwin Jonathan

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Makanan untuk Meningkatkan Trombosit Saat DBD

Salah satu cara mengatasi gejala DBD adalah dengan mengonsumsi makanan untuk menaikkan kadar Baca Selengkapnya...

7 Cara Mudah Hidup Sehat

Anjuran hidup sehat dikenal dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan oleh Baca Selengkapnya...