Hal yang Perlu Dilakukan saat Konsultasi Dokter

Rabu, 13 Oktober 2021

Hal yang Perlu Dilakukan saat Konsultasi Dokter

LinkSehat - Kebanyakan orang memilih konsultasi dengan dokter ketika mereka merasa sakit. Padahal konsultasi dokter tahunan juga tidak kalah penting. Pemeriksaan rutin dapat menjadi cara mendeteksi penyakit sejak dini, mencegah, dan mengobatinya sesegera mungkin. 

Pastikan sesi konsultasi Anda berkualitas, baik itu secara online maupun tatap muka. Dengan begitu, dokter dapat menentukan penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit Anda.

Seberapa penting konsultasi dokter saat muncul gejala sakit?

Konsultasi dokter saat muncul gejala sakit berperan penting dalam mencegah komplikasi yang lebih serius. Sebaiknya konsultasi tidak hanya dilakukan saat pasien merasa sakit, tapi saat merasa sehat pun Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. 

Mengunjungi dokter secara teratur adalah investasi penting untuk kesehatan Anda. Lewat pemeriksaan rutin, dokter dapat mendeteksi penyakit lebih awal untuk dapat ditangani. Setiap orang dari segala usia sebaiknya melakukan pemeriksaan tahunan, meskipun tampaknya tidak ada gejala penyakit. Ini sangat penting terutama untuk orang dewasa yang berusia lebih tua, karena mereka rentan terhadap penyakit seiring bertambahnya usia. 

Kunjungan tahunan ini memberikan kesempatan kepada dokter untuk memantau kesehatan Anda dan membandingkan kesehatan Anda dengan kunjungan terakhir. Ini sangat penting terutama untuk orang dewasa yang memiliki masalah kesehatan kronis dan kompleks.

Kapan harus konsultasi dokter?

Kebanyakan orang memilih tidak pergi ke dokter jika tidak merasa sakit. Namun, mulai sekarang temui dokter meskipun Anda sehat. Rutin mengunjungi dokter dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyakit dan memantau kesehatan Anda dari waktu ke waktu. Ini memungkinkan dokter mengidentifikasi penyakit lebih awal, sehingga penyakit Anda dapat segera ditangani sebelum berkembang menjadi kondisi yang lebih serius. 

Berikut tanda-tanda Anda perlu melakukan konsultasi dokter:

  • Napas pendek. 
  • Gerakan usus atau urine abnormal. 
  • Cahaya terang mengganggu penglihatan. 
  • Nyeri dada, perut, atau pelvis yang parah. 
  • Berat badan menurun tanpa penyebab yang jelas. 
  • Sulit fokus dan mengalami perubahan suasana hati. 
  • Demam tinggi yang persisten dan semakin memburuk.
  • Muncul gejala penyakit setelah menjalani pengobatan atau mulai menggunakan obat baru. 
  • Muncul keluhan fisik maupun mental yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Agar Privasi Terjaga, Ini Tips Konsultasi dengan Aplikasi Dokter Online

Seberapa sering sebaiknya pemeriksaan dokter rutin?

Seberapa sering sebaiknya Anda pemeriksaan dokter rutin tergantung pada kesehatan Anda. Banyak dokter menyarankan seseorang datang pemeriksaan rutin setahun sekali. 

Jika Anda memiliki kondisi kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes, kemungkinan Anda akan lebih sering menjalani pemeriksaan rutin untuk memantau perkembangannya. 

Pertimbangkan kondisi kesehatan Anda dan faktor risiko yang mungkin terjadi jika Anda tidak segera ditangani. Misalnya, jika Anda menderita asma dan mengalami infeksi pernapasan, Anda mungkin perlu segera menemui dokter daripada seseorang yang tidak menderita asma. 

Hubungi pula dokter Anda jika Anda mengalami gejala baru setelah menjalani prosedur pengobatan, pembedahan, imunisasi, atau memulai pengobatan baru. 

Apa yang harus dilakukan saat konsultasi dokter?

Selama konsultasi dokter online dan tatap muka, staf rumah sakit atau dokter akan memeriksa tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, serta mata, telinga, dan tenggorokan Anda. 

Dokter Anda mungkin mengajukan pertanyaan tentang riwayat kesehatan keluarga Anda, dan penting untuk bersikap transparan. Dokter tidak akan menghakimi Anda dan kerahasiaan akan dijaga dengan standar tinggi. 

Selama sesi konsultasi dokter, Anda dapat berbagi detail penting dengan dokter Anda, seperti:

  • Gejala apapun yang Anda alami, intensitasnya, dan kapan biasanya terjadi
  • Jenis zat / obat yang telah Anda gunakan.
  • Apa, berapa lama, kapan, di mana, dan kenapa Anda mulai menggunakan zat/ obat tersebut.

Mendapatkan hasil terbaik dari konsultasi medis sangat penting, karena membuat janji dengan dokter tidak selalu mudah. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat konsultasi dokter:

  • Datang tepat waktu atau online sesuai janji konsultasi yang sudah ditentukan.
  • Jangan menjelaskan diagnosis Anda kepada dokter, melainkan ceritakan kondisi anda dengan sejujurnya. Biarkan dokter mengevaluasi kondisi Anda membuat diagnosis sendiri. 
  • Jika Anda memiliki alergi terhadap obat apa pun, beri tahu dokter sebelumnya sehingga dokter dapat meresepkan obat yang benar. 

Bagaimana Tips Konsultasi Dokter Online?

Maksimalkan sesi konsultasi dokter agar penyakit Anda mendapat penanganan yang tepat. Guna meningkatkan efektivitas konsultasi dokter online maupun tatap muka, ikuti tipsnya di bawah ini. 

Berikut ini tips konsultasi dokter online untuk mendapat hasil pemeriksaan yang optimal:

1. Menyiapkan peralatan teknis

Saat persiapan, pastikan Anda memiliki semua persyaratan teknis yang dibutuhkan, seperti video, audia, mengunduh aplikasi, dan koneksi internet yang stabil. Hal ini diperlukan guna memaksimalkan kelancaran sesi konsultasi dokter online. 

2. Pencahayaan terang dan jelas

Dokter tidak memeriksa secara fisik, sehingga Anda perlu memastikan pencahayaan di foto atau video sudah terlihat jelas. Gunakan pencahayaan yang terang untuk mempermudah dokter mengevaluasi kondisi Anda, terutama jika Anda perlu menunjukkan ruam di kulit atau gejala fisik lainnya.

3. Membuat daftar pertanyaan

Menyiapkan pertanyaan sebelum sesi konsultasi adalah salah satu cara untuk memastikan Anda tidak lupa menanyakan apa pun. Jika Anda lupa menanyakan sesuatu, mungkin Anda harus membuat janji konsultasi online di waktu mendatang dan harus keluar biaya lagi. 

4. Manfaatkan waktu dengan bijak

Umumnya, sesi telemedicine berlangsung sekitar 15 menit, jadi pastikan Anda menggunakan waktu sebaik-baiknya. Apabila Anda memiliki banyak pertanyaan, sebaiknya tanyakan yang paling penting terlebih dahulu. 

5. Tetap tenang selama konsultasi dokter

Konsultasi online dengan dokter memungkinkan Anda mendapat layanan kesehatan yang mudah diakses dan nyaman. Usahakan tetap santai selama sesi konsultasi agar anjuran dari dokter tidak ada yang terlewat. Jangan stres jika percakapan dengan dokter tidak semulus ekspektasi Anda. 

Bagaimana Tips Konsultasi Tatap Muka?

Ikuti tips konsultasi dokter tatap muka berikut ini:

1. Mempersiapkan diri

Pastikan Anda membawa atau memiliki akses digital ke semua catatan medis penting. Jika Anda dirujuk oleh dokter lain, jangan lupa membawa surat rujukan dari dokter tersebut juga.

2. Membuat daftar pertanyaan

Bukan hanya konsultasi online, tapi buat juga daftar pertanyaan saat Anda konsultasi tatap muka. Catat dengan jelas semua poin dan pertanyaan yang akan didiskusikan dengan dokter. Tujuannya agar Anda tidak perlu bertanya lagi. Jika Anda memerlukan klarifikasi mengenai obat atau cara pengobatan, sebaiknya langsung tanyakan dengan dokter saat sesi konsultasi berlangsung. 

3. Sebutkan gejala dengan jelas

Jika Anda memiliki lebih dari satu gejala, catat dengan jelas gejala yang sama dalam urutan kronologis, yakni mulai dari tanggal pertama kali gejala muncul. Jika ada faktor seperti makanan, aktivitas, atau perubahan iklim yang membuat gejala lebih baik atau lebih buruk, selalu ingat untuk menjelaskannya juga. 

4. Mengajukan pertanyaan

Setelah menjelaskan gejala dan dokter telah membuat kesimpulan terkait penyakit Anda, tanyakan langsung apa diagnosisnya. Minta dokter untuk menjelaskannya sampai Anda paham. Anda juga bisa menanyakan cara untuk mencegah terjangkit penyakit berulang.

5. Berkata jujur

Berbohong kepada dokter hanya akan membahayakan Anda. Selalu katakan yang sejujurnya meskipun itu memalukan. Jika Anda belum minum obat seperti yang dianjurkan oleh dokter, sampaikan tanpa ada yang ditutup-tutupi. Jika tidak disampaikan, dokter mungkin berkesimpulan bahwa dia salah memberi dosis, obat, atau diagnosis.

6. Ajak pasangan atau teman Anda

Mengajak pasangan atau teman Anda untuk menemani saat konsultasi tatap muka dengan dokter merupakan ide yang baik. Terkadang Anda tidak memahami apa yang dijelaskan oleh dokter atau lupa menanyakan beberapa pertanyaan yang relevan. Pasangan atau teman Anda dapat membantu dalam situasi seperti itu. Pilih dokter yang mengizinkan Anda membawa pasangan atau teman. 

Aplikasi Dokter Online LinkSehat memungkinkan Anda untuk konsultasi online dengan dokter umum dan dokter spesialis kapan saja. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Reviewed by dr. Winda Victoria dr. Winda Victoria

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Konsultasi Online: Apakah Diagnosis yang Diberikan Akurat?

Meski kehadiran telekonsultasi memudahkan pasien bertemu dokter, yang seringkali menjadi persoalan Baca Selengkapnya...

7 Tips Konsultasi Dokter Online Efektif dan Efisien

Ikuti tips konsultasi dokter online di bawah ini agar konsultasi dokter online Anda lebih efektif Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...

Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Diantara konsultasi dokter online dan tatap muka, mana yang lebih aktif dilakukan?