Menanggulangi COVID-19, Atensi Jalin Kerja Sama dengan Kemenkes

Senin, 23 Maret 2020

Menanggulangi COVID-19, Atensi Jalin Kerja Sama dengan Kemenkes

Link Sehat - Aliansi Telemedika Indonesia (Atensi) turut berperan aktif dalam penanggulangan wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Hal ini ditandai dengan tercapainya perjanjian kerjasama antara Atensi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Kamis (19/02/20).

Apa itu ATENSI Indonesia?

Atensi Indonesia adalah organisasi yang menaungi berbagai individu, institusi dan perusahaan swasta yang terlibat aktif dalam mengembangkan layanan telemedik di Indonesia. Kerjasama yang dijalin merupakan salah satu program kebijakan sosial yang dilakukan oleh Atensi sebagai bentuk kepedulian Atensi terhadap masyarakat.

Tujuan kerjasama dalam bidang komunikasi, informasi, dan edukasi ini adalah untuk mewujudkan penyebaran informasi dan mengedukasi masyarakat dalam menghadapi COVID-19.

“Perjanjian kerjasama ini mengukuhkan kebersamaan antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha khususnya yang bergerak di bidang telemedik di Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19,” ujar ketua Atensi Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D.

Ada dua belas perusahaan kesehatan digital yang sudah memberikan surat kuasa kepada Atensi untuk turut membantu menanggulangi COVID-19. Perusahaan tersebut terdiri dari DokterSehat, Alodokter, Halodoc, SehatQ, Klikdokter, Good Doctor Technology Indonesia, ProSehat, Link Medis Sehat, Klinikgo, Perawatku.id, Aveeno, dan Docquity.

Apa saja ruang lingkup kerjasama ATENSI dengan Kemenkes RI?

Ruang lingkup kerjasama yang diatur dalam perjanjian ini yaitu penyediaan informasi dan edukasi terkait COVID-19, pemanfaatan informasi, serta pemanfaatan infrastruktur komunikasi yang mendukung penyediaan informasi dan edukasi.

Langkah Atensi dalam penanggulangan wabah COVID-19 yaitu dengan memberi edukasi tentang COVID-19 yang selaras dengan strategi Pemerintah Indonesia, khususnya dalam bidang promotif dan preventif. Beberapa di antaranya seperti cara cuci tangan yang benar, etika batuk, hingga penerapan social distancing.

Atensi juga membantu pemerintah dalam memberikan informasi COVID-19 yang benar, sehingga tidak ada informasi kesehatan yang palsu/hoax untuk mengurangi kepanikan masyarakat Indonesia.

Pemberian informasi alternatif mengenai cara menjaga kesehatan, karantina mandiri (self- quarantine), hingga nasihat kesehatan pun akan diberikan sesuai kewenangan yang dimiliki oleh tim dokter Atensi. Cara ini diharapkan akan membantu fasilitas kesehatan untuk lebih fokus terhadap penanganan pasien positif COVID-19.

Langkah lain yang dilakukan Atensi untuk membantu masyarakat Indonesia menghadapi COVID-19 yaitu dengan cara menghubungkan seseorang yang merasa kurang sehat ke fasilitas kesehatan terdekat maupun rumah sakit rujukan sesuai dengan protokol resmi pemerintah.

“Mudah-mudahan dengan saling bekerjasama, kita bisa mengatasi wabah COVID-19, sehingga Indonesia bisa pulih seperti sedia kala,” tutup Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, Ph.D.

Artikel ini merupakan press release resmi dari ATENSI Indonesia dengan sedikit modifikasi pada bagian subheading. Sebagai bagian dari ATENSI Indonesia, aplikasi LinkSehat kini sudah dapat diunduh di PlayStore. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Tips Konsultasi Online dan Berobat Semasa Pandemi COVID-19

Saat pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak berkunjung ke RS kecuali dalam keadaan darurat.

Konsultasi Online: Apakah Diagnosis yang Diberikan Akurat?

Meski kehadiran telekonsultasi memudahkan pasien bertemu dokter, yang seringkali menjadi persoalan Baca Selengkapnya...

Manfaat Telekonsultasi di Tengah Pandemi Covid-19

Datang ke RS saat COVID-19 tentu bukan pilihan utama, apalagi jika gejala sakit yang dialami masih Baca Selengkapnya...

Telemedicine dan Obat Gratis Isoman COVID-19 Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah resmi bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk Baca Selengkapnya...