Mengenal Program Hamil dengan Screening HyFoSy dan B4L

Selasa, 26 Oktober 2021

Mengenal Program Hamil dengan Screening HyFoSy dan B4L

LinkSehat - Konsultasi prakonsepsi adalah bagian dari pemeriksaan sebelum program hamil. Anda dan pasangan akan mengunjungi penyedia layanan kesehatan untuk mendiskusikan kesuburan Anda dan pasangan. Pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan dilakukan untuk mengetahui masalah medis yang memengaruhi kesuburan dan awal kehamilan Anda. 

Lakukan screening program hamil seperti HyFoSy dan layanan B4L program hamil. Skrining ini mungkin melibatkan pemeriksaan fisik dan uji laboratorium untuk Anda dan pasangan.

Baca Juga: Apa Itu Program Bayi Tabung?

Program Hamil HyFoSy

Hystero-salpingo-foam sonography (HyFoSy) adalah perawatan untuk mengetahui patensi tuba falopi dan biasanya menggunakan sono-hysterography. 

Sonohysterography adalah prosedur pemeriksaan menggunakan ultrasound khusus yang memungkinkan dokter memeriksa bagian dalam rahim secara lebih detail dibandingkan skrining ultrasound normal. 

Ada banyak alasan mengapa dokter Anda menganjurkan prosedur HyFoSy. Beberapa di antaranya:

  • Menilai apakah kondisi Anda mampu menjalani in vitro fertilization (IVF).
  • Mengetahui penyebab kondisi abnormal yang ditemukan di lapisan rahim saat pemeriksaan USG sebelumnya.
  • Mengetahui penyebab perdarahan abnormal.

Siapa yang Tidak Boleh Melakukan Prosedur HyFoSY?

Sebaiknya jangan lakukan prosedur HyFoSy jika:

  • Ada kemungkinan Anda sedang hamil. 
  • Anda memiliki gejala infeksi panggul.
  • Jika skrining perut atau vagina menunjukkan ada sesuatu yang perlu diperiksa dengan laparoskopi.
  • Jika muncul temuan tersebut, HyFoSy tidak dilanjutkan, tapi Anda tetap bisa melakukannya di janji temu berikutnya sesuai anjuran dokter. 

Persiapan Sebelum HyFoSy

Ada waktu yang tepat untuk melakukan tes HyFoSy. Tes ini dapat dilakukan setelah menstruasi berakhir dan pada hari ke-10 dari siklus menstruasi Anda yang dihitung dari hari pertama menstruasi. Lapisan rahim biasanya akan menebal pada hari ke-10 dan dapat mengakibatkan temuan abnormal yang memengaruhi keakuratan tes. Sebaiknya jangan lakukan tes HyFoSy jika Anda memiliki cairan keputihan yang berbau busuk.

Saat Tes HyFoSy

Setelah membersihkan vagina, ahli radiologi akan memasukkan tabung halus ke dalam rahim dan alat ultrasound ke dalam vagina. Probe digunakan untuk merekam gambar ultrasound. Ukurannya lebih tebal daripada tampon. 

Setelah itu garam steril akan disuntikkan secara perlahan untuk mengisi bagian dalam rahim. Anda mungkin akan merasakan kram ringan di perut bagian bawah saat cairan busa digunakan setelah larutan garam digunakan untuk patensi tabung. 

Setelah prosedur HyFoSy selesai, tabung akan diangkat dan sebagian besar cairan akan dikeluarkan melalui vagina. 

Setelah prosedur Hyfosy

Prosedur HyFoSy memakan waktu sekitar setengah jam dari awal hingga akhir. Kemudian Anda bisa langsung pulang setelahnya. Bercak darah intensitas ringan mungkin akan muncul selama satu sampai dua hari setelah prosedur. Gunakan pembalut untuk mencegah kebocoran perdarahan, bukan tampon. 

Hasil pemeriksaan akan diberitahu oleh penyedia layanan kesehatan setelah prosedur HyFoSy selesai, tapi Anda mungkin perlu membuat jadwal janji temu di sesi berikutnya untuk mendiskusikan hasilnya dan jika Anda membutuhkan tindak lanjut.

Efek Samping Prosedur HyFoSy

Ada efek samping prosedur HyFoSy yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan tes. Umumnya pasien akan segera pulih dari kram perut bagian bawah saat tes selesai. Terkadang kram dapat berlanjut sekitar satu jam. Jika Anda mengalami kasus kram tersebut, Anda akan dianjurkan istirahat sampai kram mereda. 

Selain itu, efek samping HyFoSy yang mungkin muncul yaitu keluar bercak atau perdarahan ringan dari vagina selama satu atau dua hari. Hal ini tergolong normal dan komplikasi jarang terjadi. Namun, jika Anda mengalami perdarahan hebat, sakit perut bagian bawah, atau demam, sebaiknya kembali periksa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Apakah Aman Program Hamil Saat Covid-19?

Screening Program Hamil B4L

Diagnosis dari dokter spesialis kandungan atau ahli infertilitas merupakan bagian dari pemeriksaan sebelum program hamil. Dibutuhkan diagnosis yang akurat sebagai langkah pertama dalam menangani infertilitas, karena ada banyak faktor penyebab infertilitas. Penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat keberhasilan kehamilan.

Berlokasi di Kota Tangerang, Pusat Fertilitas Bocah Indonesia menawarkan layanan program IVF atau bayi tabung, inseminasi intrauterin (IUI), dan berbagai macam pelayanan kesuburan lainnya. Pusat fertilitas ini didukung oleh ahli fertilitas profesional dan andal di bidangnya. 

Pemeriksaan Kesuburan Pria dan Wanita

Cari tahu faktor-faktor penyebab infertilitas untuk meningkatkan peluang berhasil hamil. Bocah Indonesia menyediakan perawatan kesuburan untuk pria dan wanita. Perawatan kesuburan pria termasuk:

  • Varikokel. Pembesaran pembuluh vena di daerah testis disebut varikokel. Kondisi ini menyebabkan penurunan produksi dan kualitas sperma yang dievaluasi saat uji fertilitas dan pemeriksaan fisik. 
  • MESA. Microsurgical epididymal sperm aspiration (MESA) adalah teknik pengambilan sperma yang paling direkomendasikan. Caranya dengan membuat sayatan kecil di skrotum dengan bantuan bius lokal. Suntikan pipet mikro akan dilakukan pada tubulus epididimis, lalu sperma disedot melalui pipet. Setelah itu sperma akan dianalisis. 
  • TESE. Prosedur pengambilan sperma langsung melalui testis. Pengambilan sperma dilakukan setelah anestesi lokal. Sebagian kecil jaringan testis akan diambil dan dianalisis. 

Sedangkan perawatan kesuburan perempuan termasuk:

  • Laparoskopi. Alat laparoskop yang berdiameter kecil dimasukkan ke dalam tubuh melalui sayatan kecil di bawah pusar dan garis rambut kemaluan. Tindakan ini dilakukan untuk memeriksa adanya fibroid, polip, atau kista di indung telur, tuba falopi, rahim, dan rongga panggul. 
  • Histeroskopi. Alat histeroskop berdiameter kecil dimasukkan ke dalam vagina untuk memeriksa kondisi rongga uterus. Melihat adanya kemungkinan kelainan polip, perlengketan, atau fibroid. 

Langkah Screening Program Hamil B4L

Berikut ini langkah pemeriksaan sebelum program hamil di Bocah Indonesia:

  • Anamnesa (wawancara).
  • Pemeriksaan laboratorium (tes darah).
  • Analisa sperma untuk laki-laki dan USG untuk wanita. 
  • Mulai konsultasi. Pada sesi konsultasi pertama, diagnosis infertilitas akan dilakukan. Spesialis fertilitas akan merekomendasikan metode pemeriksaan yang paling tepat sesuai kondisi Anda. Pemeriksaan ini biasanya mencakup pemeriksaan ultrasonografi untuk menilai kesehatan rahim dan indung telur, pemeriksaan hormon Anda dan pasangan, serta analisis cairan mani. 

Estimasi Biaya Layanan B4L

Estimasi biaya layanan screening B4L program hamil yaitu Rp1.775.000. Biaya ini sudah termasuk konsultasi dengan Dokter Obgyn, pemeriksaan ultrasonography (USG), dan analisa sperma.

Selain layanan screening B4L program hamil, ada pula pemeriksaan kesuburan pria seharga Rp1.500.000. Paket kesuburan pria ini sudah mencakup analisa sperma dan DNA Fragmentasi Index (DFI). Ada pula paket 4 langkah pemeriksaan kesuburan seharga Rp1.775.000. 

Daftar harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk menghitung estimasi biaya layanan screening B4L program hamil di Bocah Indonesia, hubungi LinkSehat. 

Sangat penting melakukan pemeriksaan sebelum program hamil. Anda harus siap secara fisik, mental, dan finansial jika berencana memiliki anak. Sebab itu, lakukan konsultasi program hamil dengan dokter spesialis kandungan atau ahli fertilitas.

Konsultasi online dengan dokter spesialis kandungan dapat dilakukan melalui Aplikasi Dokter Online LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)


Reviewed by dr. Idries Tirtahusada, Sp.OG dr. Idries Tirtahusada, Sp.OG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Program Bayi Tabung

Program bayi tabung diperuntukkan bagi pasangan yang sulit memiliki anak karena adanya permasalahan Baca Selengkapnya...

Tanya Dokter Online Seputar Program Hamil saat Covid-19

Jika saat ini Anda sedang merencanakan program hamil, sebaiknya tanya dokter online terlebih dahulu.

Konsultasi Program Hamil: Manfaat dan Prosedurnya

Penting untuk melakukan konsultasi program hamil dengan dokter spesialis kandungan.