Telemedicine: Definisi, Fitur, dan Cara Penggunaan

Jumat, 17 Desember 2021

Telemedicine: Definisi, Fitur, dan Cara Penggunaan

LinkSehat - Telemedicine menjadi pilihan ideal untuk Anda yang ingin konsultasi dengan dokter dari rumah terutama di tengah pandemi. Platform ini diluncurkan untuk memudahkan Anda mengakses layanan kesehatan dan pengobatan dokter kapanpun Anda membutuhkannya.

Saat ini ada banyak pilihan telemedicine yang bisa Anda gunakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. LinkSehat menjadi salah satu platform telemedicine yang menyediakan konsultasi dokter online dan telah menjadi mitra resmi Kemenkes RI dalam menanggulangi Covid-19, terutama untuk memberikan telekonsultasi gratis bagi pasien terkonfirmasi positif yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Apa itu Telemedicine?

Telemedicine adalah penggunaan teknologi telekomunikasi agar pasien dapat mengakses layanan perawatan kesehatan sesuai yang dibutuhkan tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Melalui telemedicine, Anda dapat berkomunikasi dengan dokter umum dan dokter spesialis secara virtual. Anda hanya membutuhkan ponsel atau gadget lain yang terhubung koneksi internet untuk mendapatkan perawatan medis melalui telemedicine. Selanjutnya Anda bisa memilih untuk konsultasi dokter melalui chat, telepon, atau video.

Sayangnya, tidak semua penyakit dapat ditangani dengan telemedicine, khususnya masalah kesehatan yang memerlukan pemeriksaan langsung dan mendalam seperti gangguan kulit, mata, dan lainnya.

Baca Juga:

Mengenal Fitur-Fitur Telemedicine

Tiap aplikasi telemedicine memiliki fitur yang berbeda. Namun secara umum, fitur-fitur berikut paling banyak tersedia meski dengan nama yang berbeda, termasuk di LinkSehat:

1. Konsultasi Sekarang

Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter yang tersedia (online). Setiap dokter memasang tarif konsultasi berbeda mulai dari gratis hingga berbayar. Jika baru pertama kali mencoba, Anda dapat memilih dokter yang menyediakan konsultasi gratis.

Di LinkSehat, konsultasi gratis dengan dokter umum tersedia tiap Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Selain dokter umum, Anda juga bisa  konsultasi dengan dokter spesialis berikut:

  • Dokter spesialis anak. 
  • Dokter spesialis andrologi.
  • Dokter spesialis bedah umum.
  • Dokter spesialis gizi klinik. 
  • Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah.
  • Dokter spesialis kesehatan jiwa.
  • Dokter spesialis kulit dan kelamin.
  • Dokter spesialis mata.
  • Dokter spesialis kebidanan dan kandungan.
  • Dokter spesialis penyakit dalam.
  • Dokter spesialis rehabilitasi medik. 
  • Dokter spesialis saraf.
  • Dokter spesialis THT.
  • Dokter spesialis gigi umum. 
  • Lainnya. 

2. Buat Janji

Buat janji atau booking appointment dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menjadwalkan konsultasi dengan dokter. Fitur ini memudahkan Anda dalam mengatur waktu konsultasi sesuai jadwal praktek dokter yang dipilih dan waktu Anda. Biaya buat janji tiap dokter juga bervariasi tergantung pada lama waktu praktek dan lainnya.

Di LinkSehat, Anda bisa membuat janji dengan 700+ dokter umum dan spesialis yang berasal dari 70+ cabang rumah sakit dan klinik, baik untuk konsultasi online atau tatap muka (kunjungan langsung di rumah sakit).

3. Medical Check-Up dan Tes Covid-19

Selain konsultasi dokter, Anda bisa mendaftar medical check-up dan tes Covid-19 melalui aplikasi telemedicine. Biasanya tiap penyedia layanan sudah mengelompokkan paket pemeriksaan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Anda juga bisa mendaftar medical check-up dan tes Covid-19 melalui aplikasi LinkSehat atau mendaftar melalui WhatsApp 0858 9000 8500. Di LinkSehat Anda bisa mendapatkan rekomendasi medical check up sesuai kondisi dan budget Anda.

4. Medical Assistance

Tidak semua penyedia telemedicine memiliki fitur Medical Assistance atau asistensi media untuk Anda yang ingin berobat ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Korea Selatan, Turki, dan India. Namun di LinkSehat, Anda bisa menggunakan layanan ini dengan manfaat berikut:

  • Bebas biaya konsultasi untuk rekomendasi dokter dan rumah sakit.
  • Gratis hitung perkiraan biaya berobat.
  • Buat janji konsultasi online atau tatap muka dengan dokter.
  • Daftar medical check up atau program bayi tabung.
  • Booking transportasi dan akomodasi selama berobat.
  • Informasi lengkap tentang cara berobat ke luar negeri saat pandemi.

Tertarik untuk berobat ke luar negeri? Hubungi WhatsApp 0857 8000 8707 atau isi formulir konsultasi gratis di assist.linksehat.com.

Bagaimana Cara Menggunakan Telemedicine?

Anda tinggal mengunduh (download) aplikasi telemedicine di PlayStore atau AppStore. Untuk LinkSehat, berikut panduannya untuk Anda:

  • Download aplikasi LinkSehat di PlayStore atau klik Download Sekarang
  • Buat akun baru dengan memasukkan nomor ponsel atau email.
  • Login dengan akun yang terdaftar.
  • Pilih fitur yang dibutuhkan dan ikut langkah-langkahnya.

Jika ingin konsultasi dokter, Anda bisa menggunakan fitur ‘Konsultasi Sekarang’ atau ‘Buat Janji’. Untuk daftar medical check up atau tes Covid-19, klik banner yang tertera di bagian paling atas. Sedangkan bagi yang ingin berobat ke luar negeri dapat menghubungi WhatsApp langsung pada nomor 0857 8000 8707 atau klik ‘Medical Assistance’.

Tips konsultasi online lewat aplikasi LinkSehat

Agar pengalaman konsultasi online Anda efektif, ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Pahami cara kerja aplikasi LinkSehat

Aplikasi LinkSehat adalah platform yang Anda gunakan untuk terhubung dengan dokter dan penyedia layanan kesehatan kapan pun dan di mana pun. Sebab itu, pahami cara kerja aplikasi LinkSehat terlebih dahulu sebelum membuat janji temu. 

Ada beberapa pilihan metode konsultasi dokter online di aplikasi LinkSehat, seperti via telepon, chat, dan video call. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami juga metode pembayaran untuk memesan janji temu dengan dokter atau memesan obat-obatan.

2. Tingkatkan kualitas gambar dan audio 

Pergilah ke tempat yang tenang dan pencahayaan cukup. Matikan radio, TV, atau peralatan berisik lainnya agar dokter dapat mendengar suara Anda dengan jelas. Pencahayaan yang ideal sangat penting bagi Anda yang ingin konsultasi penyakit kulit, karena dokter perlu melihat gejala yang muncul di permukaan kulit Anda. 

3. Pastikan jaringan internet stabil

Karena sesi konsultasi dilakukan secara online lewat aplikasi LinkSehat, pastikan jaringan internet Anda stabil agar tidak menurunkan kualitas gambar dan suara selama berkomunikasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu dan dapat memahami apa saja yang disampaikan dokter.

4. Catat riwayat gejala dan obat-obatan

Sebelum konsultasi, siapkan daftar obat-obatan, vitamin, dan suplemen yang sedang dikonsumsi akan membantu dokter mendiagnosis penyakit Anda. Informasi ini juga dapat mencegah Anda mendapatkan resep yang kontradiktif dengan obat yang sedang digunakan.

5. Membuat daftar pertanyaan

Tulis daftar pertanyaan yang ingin diajukan saat sesi konsultasi. Ini dapat menghemat waktu dan mencegah Anda melupakan pertanyaan penting. Buatlah daftar pertanyaan yang relevan dan ringkas agar dokter tidak bingung saat memberi jawaban.  

6. Menyiapkan laporan medis terakhir

Jika dokter membutuhkan salah satu laporan medis Anda, Anda dapat dengan mudah membagikannya sebelum konsultasi online. Cara ini akan menghemat waktu konsultasi dan menghemat biaya pengulangan tes yang tidak perlu. Pastikan Anda menyiapkan laporan medis yang terbaru dan susun dokumen dengan rapi.

7. Lihat ringkasan konsultasi

Setelah sesi konsultasi berakhir, dokter akan memberikan ringkasan mengenai diagnosis awal dan pengobatan yang dibutuhkan untuk menangani gejala. Biasanya dokter akan merekomendasikan Anda untuk konsultasi lanjutan (baik secara online atau tatap muka) apabila gejala terus berlangsung dan tidak membaik.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Mengenal Telemedicine, Solusi Konsultasi Dokter Jarak Jauh

Selain konsultasi dengan dokter, Anda juga bisa buat janji temu di Rumah Sakit dan mendapatkan resep Baca Selengkapnya...

7 Tips Konsultasi Dokter Online Efektif dan Efisien

Ikuti tips konsultasi dokter online di bawah ini agar konsultasi dokter online Anda lebih efektif Baca Selengkapnya...

Panduan Tanya Dokter saat Cek Kesehatan Online

Agar berlangsung efektif, berikut ini panduan tanya dokter saat cek kesehatan online.