Konsultasi Dokter Online Pasien Kanker, Bagaimana Prosedurnya?

Rabu, 02 Maret 2022

Konsultasi Dokter Online Pasien Kanker, Bagaimana Prosedurnya?

LinkSehat - Tindakan operasi, terapi radiasi, terapi obat-obatan, dan terapi lain merupakan beberapa pilihan pengobatan untuk menyembuhkan kanker, mengecilkan kanker, atau menghentikan perkembangan kanker.

Tujuan pengobatan kanker adalah untuk mencapai kesembuhan kanker dan memungkinkan Anda untuk hidup normal. Keberhasilan kesembuhan kanker tergantung pada kondisi spesifik Anda.

Jika penyembuhan tidak memungkinkan, perawatan yang Anda jalani dapat digunakan untuk mengecilkan kanker atau memperlambat pertumbuhan kanker agar memungkinkan Anda hidup tanpa gejala selama mungkin.

Ada banyak pengobatan kanker yang tersedia. Tergantung pada kondisi kesehatan, Anda mungkin akan menjalani satu perawatan atau kombinasi dari beberapa jenis perawatan, ini termasuk kontrol rutin lewat konsultasi dokter online. 

Bagaimana prosedur kontrol rutin pasien kanker? Apa yang harus dilakukan saat konsultasi dengan dokter? Simak informasinya berikut ini. 

Kontrol Rutin Kanker: Konsultasi Online atau Tatap Muka?

Munculnya layanan telekonsultasi atau konsultasi online memiliki banyak manfaat bagi pasien kanker dan penyedia layanan kesehatan karena berbagai alasan. Layanan ini akan memberi kenyamanan bagi pasien kanker karena mereka bisa tetap berada di rumah selama kontrol rutin dengan dokter. 

Konsultasi online meningkatkan akses pasien kanker ke dokter spesialis onkologi dan layanan dukungan. Pasien kanker perlu kontrol rutin dengan dokter, baik untuk diagnosis atau mencari pendapat kedua (second opinion). 

Layanan konsultasi online menghilangkan hambatan jarak untuk memungkinkan pasien kanker mengakses perawatan terbaik. 

Sara Hardy, M.D., seorang ahli saraf dan ahli onkologi radiasi di Wilmot Cancer Institute, University of Rochester, mengatakan bahwa dia mendorong orang untuk mencari second opinion, sehingga mereka mendapat informasi yang lebih banyak dan merasa nyaman dengan pilihan pengobatan mereka. 

Dokter dapat membantu mengoptimalkan pengobatan untuk mengelola gejala penyakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien lewat konsultasi dokter online. 

Selain itu, layanan konsultasi online juga dapat menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi waktu perjalanan. Konsultasi online biasanya juga tidak terlalu rumit dibandingkan dengan konsultasi tatap muka.

Baca Juga: Konsultasi Dokter Tatap Muka vs. Online, Mana yang Lebih Efektif?

Mengapa Pasien Kanker Harus Konsultasi Dokter Rutin?

Penting bagi Anda untuk terus melakukan kontrol rutin dengan dokter agar mereka dapat memantau kondisi kesehatan Anda. 

Semua penderita kanker harus menjalani perawatan lanjutan, yakni dengan melakukan konsultasi dokter untuk kontrol rutin setelah menjalani perawatan. Pemeriksaan ini mungkin termasuk tes darah dan tes lain yang bertujuan mencari perubahan kesehatan Anda atau masalah apa pun yang berisiko muncul setelah perawatan. 

Buat rencana kontrol rutin Anda yang memuat tentang rincian hal penting yang harus Anda diskusikan dengan dokter untuk memastikan bahwa Anda mendapat perawatan rutin setelah perawatan Anda berakhir. 

Jika Anda mencari second opinion, minta setiap dokter yang Anda temui untuk membagikan catatan dengan dokter Anda yang lain. Begitu Anda memilih dokter yang akan Anda kunjungi, pastikan Anda dan dokter dapat berkomunikasi dengan baik untuk membahas tentang perawatan Anda. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terkadang perawatan atau tes dengan satu dokter tidak dibagikan dengan dokter lainnya. Mintalah kedua dokter untuk saling mengirim catatan kunjungan klinik untuk memudahkan proses perawatan. 

Apa yang Harus Disiapkan saat Konsultasi Kanker?

Jika ini adalah konsultasi dokter pertama Anda untuk penyakit kanker, biasanya Anda akan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis onkologi terlebih dahulu, tergantung jenis dan stadium kanker Anda. Mereka akan membantu Anda memahami hasil diagnosis dan menentukan pilihan pengobatan. 

Sebagai langkah awal, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan Anda. Sebaiknya buat catatan tentang tanda dan gejala yang Anda rasakan, riwayat pengobatan kanker, dan serangkaian tes yang pernah Anda lakukan.  

Untuk membuat konsultasi menyeluruh, dokter harus memiliki semua laporan Anda dan materi lain yang dibutuhkan. Ini termasuk salinan scan, X-Ray, MRI, CTs, atau tes pencitraan lain yang dilakukan.

Selain itu, bawa obat-obatan apa pun yang sedang Anda konsumsi, termasuk obat pereda nyeri OTC, vitamin, herbal, dan suplemen, contohnya kalsium dan vitamin D yang dapat mengganggu beberapa pengobatan. Dokter perlu mengetahui dosis dari tiap obat yang sedang Anda konsumsi sebelum merekomendasikan pilihan pengobatan agar tidak terjadi interaksi obat. 

Ada pun beberapa hal penting yang bisa Anda diskusikan selama konsultasi kanker, di antaranya:

  • Apa hasil diagnosis saya dan kapan saya harus memulai terapi?
  • Apa saja pilihan perawatan untuk saya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap perawatan?
  • Apa manfaat dari perawatan yang direkomendasikan?
  • Apa potensi risiko dan efek sampingnya?
  • Apakah perawatan yang saya jalani akan memengaruhi aktivitas sehari-hari? Bisakah saya tetap beraktivitas normal selama menjalani perawatan?
  • Apakah pengobatan akan memengaruhi kesuburan saya? Jika demikian, apakah ada yang bisa saya lakukan untuk menjaga kesuburan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami gejala baru setelah saya memulai pengobatan?

Baca Juga: Agar Privasi Terjaga, Ini Tips Konsultasi dengan Aplikasi Dokter Online

Bagaimana Prosedur Konsultasi Kanker Online?

Konsultasi dokter online menjadi salah satu cara agar penderita kanker tetap terhubung dengan dokter kapan pun Anda membutuhkan mereka. Cara ini dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan Anda. Berikut ini prosedur konsultasi kanker online yang perlu Anda ketahui:

  • Pilih aplikasi konsultasi dokter online terpercaya untuk membuat janji konsultasi online. 
  • Pilih dokter spesialis onkologi dari rumah sakit pilihan Anda.
  • Dokter akan meninjau catatan medis Anda, ini termasuk semua hasil tes yang pernah Anda jalani, seperti MRI, CT scan, tes darah, dan biopsi.
  • Dokter akan meninjau obat-obatan yang sedang Anda konsumsi saat ini, seperti suplemen makanan, vitamin, dan produk herbal. 
  • Setelah meninjau catatan medis dan obat-obatan, dokter akan mendiagnosis kondisi kesehatan Anda. Dari sini Anda akan mengetahui ada atau tidak adanya kanker atau dokter akan merekomendasikan tes lain untuk memastikan diagnosis. 
  • Dokter akan mendiskusikan tentang kondisi Anda secara rinci. Gunakan kesempatan ini untuk bertanya jika ada hal yang menjadi kekhawatiran Anda. 
  • Dokter akan memberikan prognosis dan rencana perawatan. Penting bagi Anda untuk memahami metode perawatan dan alasan metode tersebut direkomendasikan. Anda juga perlu tahu apa risiko yang terjadi jika pengobatan gagal. 

Selain konsultasi online, dokter mungkin juga akan meminta Anda untuk pemeriksaan langsung atau menjalani rangkaian tes tertentu guna mendiagnosis kondisi Anda lebih lanjut. 

Di Mana Saya Bisa Konsultasi Kanker Online?

LinkSehat adalah aplikasi kesehatan yang menyediakan layanan konsultasi dokter online, sehingga Anda lebih mudah mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, termasuk saat Anda ingin tanya dokter spesialis onkologi untuk memeriksa dan mengobati penyakit kanker.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika konsultasi dokter online di aplikasi LinkSehat, seperti penjelasan dan saran medis yang diberikan akurat terkait masalah kesehatan dan keluhan penyakit Anda, respons cepat, dan privasi terjaga. 

Yuk, gunakan aplikasi LinkSehat sekarang dan buat janji konsultasi online dengan dokter spesialis onkologi di rumah sakit pilihan Anda! Download sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)
Reviewed by dr. Raya Henri Batubara Sp.BD dr. Raya Henri Batubara Sp.BD

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Berbagai Pilihan Pengobatan Kanker

Bersama dengan dokter, Anda dapat menimbang manfaat dan risiko dari setiap pilihan perawatan kanker.

Kanker

Kanker merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di seluruh dunia. Semakin cepat kanker Baca Selengkapnya...

Konsultasi Online: Apakah Diagnosis yang Diberikan Akurat?

Meski kehadiran telekonsultasi memudahkan pasien bertemu dokter, yang seringkali menjadi persoalan Baca Selengkapnya...