Penyakit A-Z

Hamil Anggur

Hamil Anggur

Hamil anggur, dalam bahasa kedokteran disebut dengan mola hidatidosa, adalah suatu kelainan kehamilan yang dikarakterisasi dengan pertumbuhan trofoblas yang abnormal. Trofoblas merupakan sel yang normal berkembang menjadi plasenta.

Terdapat dua tipe hamil anggur, yaitu:

  • Hamil anggur lengkap merupakan suatu keadaan dimana jaringan plasenta tidak normal, bengkak, dan terlihat seperti terisi cairan. Tidak ada pembentukan janin.
  • Hamil anggur sebagian. Jaringan plasenta yang normal dan tidak normal tumbuh bersamaan. Bisa terbentuk janin, tetapi janin tidak akan bertahan dan biasanya berakhir dengan keguguran pada awal kehamilan.

Hamil anggur bisa menimbulkan komplikasi yang serius termasuk kanker.

Gejala atau tanda hamil anggur

Hamil anggur bisa terlihat seperti kehamilan yang normal pada awalnya, namun mayoritas hamil anggur menimbulkan tanda dan gejala seperti:

  • Tekanan darah tinggi.
  • Mual dan muntah berat.
  • Nyeri pada pelvis atau panggul.
  • Perut membesar melebihi normalnya.
  • Keluarnya kista seperti anggur dari vagina.
  • Tidak ada gerakan janin atau denyut jantung yang terdeteksi.
  • Perdarahan dari vagina yang berwarna coklat tua hingga merah terang.

Jika Anda mengalami gejala tersebut, konsultasilah dengan dokter. Dokter akan memantau dan mencari tanda lain seperti pertambahan ukuran rahim, tekanan darah tinggi, preeklamsia, kista ovarium, anemia, dan aktivitas tiroid yang berlebihan (hipertiroid).

Dokter spesialis untuk hamil anggur

Dokter spesialis kandungan (obgyn) merupakan pilihan dokter spesialis yang tepat untuk Anda kunjungi jika memiliki gejala hamil anggur.

Jika ingin konsultasi via chat dengan dokter (Telekonsultasi), atau buat janji dokter di dalam atau luar negeri, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Kapan harus konsultasi ke dokter?

Setiap kehamilan disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan sesuai anjuran. Jika Anda memiliki gejala hamil anggur dan perut membesar melebihi normalnya, konsultasikan kekhawatiran Anda pada dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Biaya berobat hamil anggur

Besaran biaya pengobatan hamil anggur tergantung pada kondisi pasien, jenis tindakan medis yang dilakukan serta pilihan rumah sakit. Untuk perkiraan biaya pengobatan hamil anggur di dalam atau luar negeri, gunakan aplikasi LinkSehat. Download sekarang.

Penyebab hamil anggur

Hamil anggur disebabkan karena perkembangan telur yang sudah terbuahi secara tidak normal. Sel manusia normalnya memiliki 23 pasang kromosom. Setiap pasangnya, 1 kromosom dari ibu dan 1 kromosom dari ayah.

Pada hamil anggur lengkap, sel telur yang tidak memiliki kromosom dibuahi oleh satu atau dua sel sperma sehingga seluruh kromosom janin yaitu kromosom ayah. Pada keadaan ini, tidak ada kromosom ibu dan kromosom ayah akan diduplikasi.

Pada hamil anggur sebagian, kromosom ibu tetap ada namun kromosom ayah terdapat 2 paket (2 sperma, dengan 1 sperma yaitu 23 kromosom). Sehingga total kromosom janin yaitu 69 kromosom dan bukan 46.

Faktor risiko terjadinya hamil anggur yaitu usia ibu, riwayat keguguran, dan riwayat hamil anggur sebelumnya. Usia ibu yang dianggap beresiko yaitu di atas 35 tahun atau di bawah 20 tahun. Angka kejadian hamil anggur termasuk rendah yaitu 1 dari 1.000 kehamilan.

Komplikasi hamil anggur

Setelah hamil anggur dikeluarkan dan jaringanmola tetap ada di dalam serta terus berkembang, maka hal itu disebut dengangestational trophoblastic neoplasia (GTN). Angka kejadian GTN berkisar 15 - 20 persen dari hamil anggur lengkap dan sekitar 5 persen dari hamil anggur sebagian.

Salah satu tanda GTN yaitu tingginya kadarhuman chorionic gonadotropin (HCG) meski setelah jaringanmola diangkat. HCG merupakan hormon yang terdeteksi pada kehamilan. Pada beberapa kasus, hamil anggur yang invasif atau tertanam hingga lapisan tengah dinding rahim, dapat menyebabkan darah keluar melalui vagina.

GTN dapat disembuhkan, sebagian besar kasus GTN dapat diatasi dengan kemoterapi. Pilihan pengobatan lainnya yaitu pengangkatan rahim seluruhnya (histerektomi).

Pada kasus yang jarang, GTN tipe kanker atau yang disebut denganchoriocarcinoma, tumbuh berkembang dan menyebar ke organ lain.Choriocarcinoma dapat diatasi dengan beberapa obat kanker. Komplikasi ini lebih mungkin dialami pada hamil anggur lengkap dibanding hamil anggur sebagian.

Diagnosis hamil anggur

Mendiagnosa hamil anggur dilakukan melalui serangkaian tanya jawab (anamnesis), pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan.

Anamnesis yang menjurus pada gejala hamil anggur, serta faktor risiko dapat membantu dokter dalam mendiagnosa. Pemeriksaan fisik yang dipantau yaitu pertambahan ukuran rahim. Pemeriksaan tambahan yaitu berupa pemeriksaan darah dan pemeriksaan ultrasound. Pemeriksaan darah salah satunya yaitu untuk mengukur kadar HCG dalam tubuh. Sedangkan pemeriksaan ultrasound bisa dilakukan melalui perut, bisa juga memasukkan alat ultrasound melalui lubang vagina.

Pemeriksaan ultrasound melalui lubang vagina lebih akurat untuk usia kehamilan muda sehingga dokter akan lebih menyarankan pemeriksaan tersebut dibandingkan dengan ultrasound melalui perut. Ultrasound pada hamil anggur lengkap biasa terdeteksi pada usia kehamilan 8-9 minggu, dengan ditemukannya:

  • Kista ovarium.
  • Tidak ditemukan janin.
  • Tidak ditemukan cairan ketuban.
  • Kista plasenta tebal mengisi rahim.

Ultrasound hamil anggur sebagian akan ditemukan:

  • Kista plasenta tebal.
  • Tidak bertumbuhnya janin.
  • Cairan ketuban yang sedikit.

Jika dokter menemukan adanya hamil anggur, dokter juga akan memeriksa adanya kemungkinan penyakit lainnya seperti preeklamsia, hipertiroid, dan anemia.

Cara mengobati hamil anggur

Kehamilan pada hamil anggur tidak dapat dipertahankan dan harus dikeluarkan untuk mencegah komplikasi. Pengobatan bisa berupa:

  • Kuretase untuk mengangkat dan membersihkan rahim dari jaringanmola.
  • Histerektomi atau pengangkatan rahim dilakukan pada pasien dengan risiko tinggi terjadi GTN dan tidak memiliki rencana untuk memiliki anak lagi.
  • Pemantauan kadar HCG. Pemantauan dilakukan sebelum dan setelah jaringanmola diangkat. Pemantauan berlangsung 6-12 bulan dan di saat pemantauan tersebut, pasien diminta untuk menggunakan KB.

Bisakah hamil anggur disembuhkan?

Hamil anggur bisa disembuhkan, tetapi kehamilan tersebut tidak dapat dipertahankan. Jaringan mola harus dibersihkan agar tidak memberikan risiko terjadi GTN.

Berapa lama waktu untuk sembuh dari hamil anggur?

Setelah jaringan mola diangkat, hamil anggur sudah sembuh. Namun pemantauan akan tetap dilakukan selama 6-12 bulan untuk meyakinkan hamil anggur tidak berkembang menjadi GTN.

Cara mencegah hamil anggur

Jika Anda memiliki hamil anggur, konsultasikan dengan dokter Anda dalam merencanakan kehamilan selanjutnya. Dokter biasanya memperbolehkan untuk hamil kembali setelah 6 bulan hingga 1 tahun sejak hamil anggur teratasi. Risiko kekambuhan hamil anggur tergolong rendah, namun risiko tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan wanita tanpa riwayat hamil anggur sebelumnya.

Cara merawat pasien hamil anggur di rumah

Tidak ada cara merawat yang khusus untuk pasien dengan hamil anggur di rumah. Langkah untuk mengurangi rasa nyeri setelah kuret atau operasi bisa dengan mengompres hangat daerah perut.

Konsultasi Gratis
Butuh rekomendasi dokter/rumah sakit, estimasi biaya berobat, dan paket medical check up untuk keluhan Anda? Hubungi Medical Consultant kami.
Author dr. Kezia Christy dr. Kezia Christy
Reviewed by Tim LinkSehat Tim LinkSehat

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Anemia Saat Hamil

Anemia termasuk kondisi yang membuat para ibu hamil khawatir. Kondisi ini tidak hanya berpengaruh Baca Selengkapnya...

Kehamilan Ektopik

Jika tidak segera ditangani, kehamilan ektopik dapat membahayakan ibu dan janin dalam kandungan.

Hipertensi Saat Hamil

Ibu hamil dengan tekanan darah tinggi memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi sebelum, selama, Baca Selengkapnya...

Navigation Pengertian Gejala Penyebab Diagnosis Pengobatan Pencegahan