Seorang wanita muda sedang melihat resep masakan di ponsel untuk menyiapkan menu berbuka puasa

Selasa, 28 April 2020

4 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Link Sehat - Berpuasa di tengah pandemi COVID-19 mengharuskan Anda untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Namun karena saat puasa jam makan berubah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kekebalan tubuh Anda tetap optimal selama puasa.

Cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, tapi bukan berarti Anda bisa melakukannya tanpa aturan. Berikut ini empat cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa:

1. Konsumsi makanan bergizi

Saat sahur, Anda membutuhkan asupan makanan bergizi agar kuat berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Begitu pula saat berbuka, makanan sehat diperlukan agar tubuh mendapatkan energinya kembali setelah seharian berpuasa. Nutrisi yang harus dipenuhi saat puasa, antara lain: karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin (terutama vitamin C), dan mineral (sepertizinc).

Vitamin C danzincmerupakan perpaduan yang tepat untuk menjaga sistem imun selama puasa. Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk, kiwi, apel, mangga, pepaya, brokoli, tomat, bayam, kembang kol, sementarazinc bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi daging ayam, daging sapi, kerang, dan sayuran berdaun hijau.

2. Tidur cukup

Bangun saat sahur seringkali menyulitkan, apalagi bagi yang tidak mengatur pola tidurnya dengan baik. Maka itu, Anda disarankan untuk tidur cukup (setidaknya 7 jam per hari) saat puasa agar bisa bangun sahur dan berpuasa dengan lancar (tidak lemas dan mudah mengantuk).

Lagipula, kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol (disebut juga dengan hormon stres). Meningkatnya hormon stres ini dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh serta menekan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, sehingga Anda lebih rentan sakit. Tentunya, kondisi ini tidak boleh dibiarkan, apalagi saat ini puasa berlangsung di tengah pandemi COVID-19.

3. Tetap berolahraga

Wajar jika Anda merasa cemas atau khawatir olahraga yang dilakukan justru menyebabkan rasa haus. Tapi tenang saja, Anda bisa mengakalinya dengan berolahraga 30-60 menit sebelum atau setelah waktu berbuka.

Lakukan olahraga ringan yang Anda sukai (ingat untuk melakukannya di rumah saja) selama 30 menit setiap hari (atau dengan total 150 menit per minggu). Misalnya, lompat tali, push up, sit up, yoga, senam aerobik, atau olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah.

4. Kelola stres

Stres memang tidak secara langsung menyebabkan sakit. Namun jika stres berlangsung lama dan dibiarkan, kondisi ini justru bisa mempengaruhi kondisi fisik Anda (disebut penyakit psikosomatik). Stres juga bisa merangsang produksi hormon stres yang jika jumlahnya berlebih, dapat menghambat kerja sistem kekebalan tubuh.

Tentang cara mengelola stres, dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti membaca buku, mendengarkan lagu, melukis, bernyanyi, menari, atau lainnya.

Jika muncul gejala sakit saat puasa, Anda bisa Konsultasi Dokter Online di aplikasi LinkSehat. Download Sekarang.

Medical Assistance kami siap bantu:
  • Booking tes COVID-19
  • Rekomendasi dokter atau RS
  • Buat janji dokter penyakit kronis
  • Buat janji dokter di luar negeri
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Mencari paket check up & bayi tabung (IVF)

Harvard. 2020. How to boost your immune system.
Mayo Clinic. 2018. Sleep tips: 6 steps to better sleep.
WebMD. 2018. Immune System Busters & Boosters.


Author dr. Felicia Gunawan dr. Felicia Gunawan
Reviewed by dr. Winner NG dr. Winner NG

Nilai Artikel Ini

Artikel Terkait

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan dan Sistem Imun

Puasa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir menjalaninya di Baca Selengkapnya...

5 Tips Puasa Sehat Saat COVID-19

Situasi berpuasa sekarang berbeda, akan ada beberapa perubahan yang membuat Anda harus beradaptasi.

5 Keluhan Sakit yang Sering Muncul Saat Puasa

Agar puasa Anda berjalan lancar, berikut ini beberapa keluhan sakit saat puasa yang sebenarnya bisa Baca Selengkapnya...